Cuaca Ekstrem, Sungai Bengawan Solo Siaga Banjir

Cindy Cesilia

Dipublikasikan 4 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Cuaca Ekstrem, Sungai Bengawan Solo Siaga Banjir
Foto:Istimewa

WinNetNews.com- Kabar kurang mengenakan datang dari wilayah Solo. Dikutip dari Antara, unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, memberlakukan siaga banjir dalam menghadapi meluapnya Bengawan Solo dengan ketinggian 13,20 meter, pada Sabtu 20/1/2018 pukul 09.00 WIB.

"Kenaikan air Bengawan Solo di Bojonegoro cukup cepat akibat Bengawan Solo di Jurug, Solo, juga Bengawan Madiun di Ngawi, masuk siaga banjir, sehari lalu," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro MZ. Budi Mulyono.

Sesuai  dengan data di UPT Bengawan Solo, ketinggian air di taman Bengawan Solo (TBS) yang semula 12,51 meter pukul 03.00 WIB, naik dengan cepat menjadi 12,80 meter pada pukul 06.00 WIB dan mencapai 13,20 meter (siaga I-hijau) pada pukul 09.00 WIB.

Di daerah hilir, Babat, Laren, Karanggeneng, dan Kuro, semuanya di Lamongan, ketinggian air Bengawan Solo, juga merangkak naik masing-masing 6,88 meter, 4,49 meter, 3,35 meter dan 1,35 meter.

Penutupan pintu pematusan kota di Desa Banjarjo, Kelurahan Karangpacar, semuanya di Kecamatan Kota, sudah dilakukan saat ketinggian air di Bojonegoro mendekati siaga banjir. 

Selain itu,  penutupan tiga pintu pematusan kota itu sebagai usaha mencegah air Bengawan Solo tidak masuk ke perkotaan. 

Tidak hanya itu saja, pompa air juga sudah dipersiapkan untuk membuang air kalau di wilayah perkotaan terjadi banjir akibat hujan lokal.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...