Cukupkan Empat Cangkir Kopi Sehari?

Muhammad Takdir
Minggu, 17 Januari 2016 18:38 WIB
Oleh Muhammad Takdir pada Minggu, 17 Januari 2016 18:38 WIB
Image Cukupkan Empat Cangkir Kopi Sehari?

WinNetNews.com - Kopi memang diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan berdasarkan beberapa penelitian. Namun tentu saja minum kopi tetap harus dilakukan secara moderat.

Agensi keamanan pangan Uni Eropa mengumumkan sebaiknya orang tidak minum kopi lebih dari empat cangkir dalam sehari karena berisiko membahayakan kesehatan.

Empat cangkir kopi ini setara dengan 400 miligram kopi espresso. Seperti diberitakan Telegraph, risiko kelebihan minum kopi lebih berat lagi terjadi pada anak-anak dan wanita hamil.

“Ini adalah untuk pertama kalinya risiko dari kafein adri semua sumber diet diteliti sampai tingkat Uni Eropa,” kata sumber dari European Food Safety Authority dalam pernyataannya.

 

Namun para pembuat kebijakan tentang rekomendasi kopi ini mengatakan aspek yang paling menakutkan bukanlah jenis kopinya, seperti espresso atau latte. Namun berbagai macam minuman energi yang sering dikonsumsi kaum muda.

“Pesan utamanya adalah konsumen sebaiknya sangat berhati-hati akan sumber kafein selain kopi juga,” kata juru bicara Uni Eropa. “Risiko kesehatannya tidak luar biasa, tapi tetap ada.”

“Kadar 400 miligram perhari ini tidak berbahaya bagi populasi umum kecuali untuk wanita hamil,” demikian ditulis dalam laporan sepanjang 120 halaman itu.

Sementara untuk anak berusia 18 tahun, tidak boleh mengonsumsi lebih dari tiga miligram per kilogram berat badannya, demikian ditulis laporan setebal 120 halaman itu.

“Orang dewasa yang minum kopi, minuman bersoda dan 2-3 minuman berenergi setiap hari, bisa tanpa sadar melampaui batasan ini,” kata juru bicara EFSA yang tak ingin disebut namanya.

(seperti dilansir dari CNN Indonesia)

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Maju Nyaleg Lewat PDIP, Angel Karamoy Bungkam

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.