Cuma 5 Menit! Ini Nih Cara Terbaik Usir Stres
ilustrasi

Cuma 5 Menit! Ini Nih Cara Terbaik Usir Stres

Minggu, 22 Apr 2018 | 15:23 | Muchdi

WinNetNews.com -  Setiap orang memiliki tingkat stres masing-masing. Namun, entah itu stres di rumah atau kantor, sebaiknya Anda dapat mengalihkan perhatian agar tidak sakit.

Berikut ini,seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Today, Minggu (22/4/2018),  ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda coba untuk menghilangkan stres hanya dalam lima menit atau bahkan kurang. Yuk disimak ulasannya ya.

1. Tarik napas

Psikiater, Dr. Marlynn Wei, mengatakan, pernapasan ritmis adalah latihan mengurangi stres terbaik yang tidak perlu banyak memakan waktu.

image0

Berikut cara melakukannya:

  •  Setel waktu selama tiga menit.
  •  Fokus pada napas.
  •  Tarik napas dalam-dalam melalui hidung sembari menghitung sampai lima.
  •  Tahan napas Anda selama lima hitungan.
  •  Buang napas selama lima hitungan.
  •  Ulangi untuk sisa waktu, dan perhatikan bagaimana napas Anda menjadi lebih dalam.

2. Jauhkan ponsel

Terus-menerus memeriksa ponsel hanya akan menambah stres, tutur penulis buku Don’t Sweat the Small Stuff, Kristine Carlson.

Dengan menjauhkan ponsel, Anda bisa fokus pada diri sendiri dan bagaimana perasaan Anda. Berlatihlah dengan napas perlahan, tutup mata Anda dan ubah pikiran untuk selalu bersyukur.

3. Gunakan aplikasi meditasi

Aplikasi populer seperti Headspace atau Insight Timer memiliki ratusan pilihan meditasi yang dapat membantu Anda mengatasi emosi hingga membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

Nick Allen, seorang profesor psikologi dan direktur Center for Digital Mental Health di University of Oregon, menyarankan Anda untuk membangun latihan meditasi ketika Anda tidak merasa stres.

4. Dengarkan lagu favorit atau musik yang santai

image1

Emmeline Edwards dari National Institutes of Health, mengatakan, terapi musik juga bisa membuat seseorang rileks.

"Indera pendengaran terhubung dengan otak yang menghubungan sistem motorik, serta regulasi emosi," kata Edwards.

Bahkan, penelitian menunjukkan musik dapat membantu orang-orang mengatasi gangguan yang berhubungan dengan stres, depresi ringan dan kecemasan.

5. Minum teh

image2

ilustrasi  (iStockphoto)

"Minum secangkir teh hangat, letakkan ponsel dan luangkan beberapa menit untuk fokus pada rasa teh, suhu, serta memperhatikan segalanya."

Latihan kesadaran ini membantu Anda menghilangkan pikiran lain, membantu Anda fokus pada sesuatu yang menenangkan.

6. Mencari udara segar

image3

Monique Tello, seorang dokter di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengatakan bahwa kadang-kadang, pergi keluar untuk udara segar adalah pilihan yang bagus.

"Jika seseorang merasa sangat stres, maka mereka bisa mencari udara segar, melihat alam - air, pohon sebagaimana mereka seharusnya," kata Tello.

Strategi ini akan sangat bagus untuk orang-orang yang sering merasa gelisah atau sulit berkonsentrasi saat belajar atau bekerja.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...