Curah Hujan Masih Akan Meningkat

Curah Hujan Masih Akan Meningkat

Senin, 25 Jan 2016 | 15:46 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan saat ini curah hujan akan semakin meningkat seiring puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi akhir Januari hingga awal Februari.

Bersamaan dengan itu BMKG pun terus memantau potensi La Nina yang biasanya terjadi setelah terjadinya El Nino. La Nina ditandai dengan meningkatnya curah hujan dalam periode tertentu. Namun sebaliknya pada El Nino musim kering terjadi berkepanjangan, seperti yang terjadi tahun 2015 lalu.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Mulyono Prabowo mengatakan sebagian besar wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan sehingga perlu berhati-hati gejala jelang puncak musim hujan sudah muncul.

Hal ini ditandai hujan dengan durasi yang lebih lama. Biasanya terjadi sejak malam hingga menjelang pagi.

"Kita lihat perkembangan aktivitas monsoon Asia dimana angin baratan muncul dan desakan sistem tekanan tinggi di Asia yang menguat. Antisipasi beberapa hari ke depan curah hujan meningkat," katanya di Jakarta, Minggu (24/1).

Prabowo menjelaskan wilayah Indonesia yang akan merasakan situasi tersebut berada di Indonesia bagian barat. Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), Jawa Tengah ke arah timur, Kalimantan bagian timur, Sulawesi bagian tengah dan selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua bagian tengah aktivitas curah hujan, pertumbuhan awan semakin meningkat.

"Kondisi El Nino meski masih berlangsung namun sudah meluruh," ujarnya

(seperti dilansir dari BeritaSatu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...