Curug Ibun Pelangi "Grand Canyon" Majalengka

Liani
Selasa, 28 Juli 2015 10:36 WIB
Oleh Liani pada Selasa, 28 Juli 2015 10:36 WIB
Image Curug Ibun Pelangi "Grand Canyon" Majalengka

Kabupaten Majalengka jadi pusat perhatian baru sektor pariwisata di wilayah timur Jawa Barat. Kawasan di punggung Gunung Ciremai ini memang agak tenggelam kiprahnya dibandingkan dengan tetangganya, Kuningan dan Cirebon. Namun, sebuah kompleks wisata di Kecamatan Argapura, sekitar 17 kilometer dari pusat Kabupaten Majalengka mencuri perhatian turis dan petualang

Lokasi yang sejatinya adalah satu kawasan gua, sungai, dan air terjun bernama Curug Ibun itu belum banyak disentuh pemerintah daerah. Untuk menuju tempat itu, diperlukan waktu sekitar 1 jam dari ibu kota Kabupaten Majalengka melalui Kecamatan Maja. Jalan masuk ke Argapura itu berada sekitar 200 meter dari Pasar Maja. Tidak ada penunjuk jalan yang mengarahkan pengunjung.

Jarak dari jalan besar menuju lokasi wisata itu sekitar 7 kilometer. Di sepanjang jalan, tampak kebun warga ditanami berbagai sayuran, seperti daun bawang, cabai rawit, cabai merah, dan jagung. Argapura adalah salah satu sentra sayuran di Majalengka.

image0

Untuk menuju Curug Ibun, pengunjung melewati jalan menurun yang berbatasan dengan kebun sayur. Tanah lempung yang gembur dan licin membuat pengunjung harus ekstra hati-hati saat menuruni jalan menuju Curug Ibun, utamanya saat musim hujan. Argapura yang cenderung berhawa lebih dingin dengan hujan lebih sering dibandingkan dengan daerah lain di Majalengka membuat tanah lempung lebih lembek sekalipun pada musim kemarau.

Cara Hilangkan Kecanduan Kopi
Dihimbau untuk Tidak Beraktivitas di Radius 2 Km dari Merapi

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.