(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

CVR Lion Air JT 610 Akhirnya Ditemukan

Daniel
Daniel

CVR Lion Air JT 610 Akhirnya Ditemukan Istimewa

WinNetNews.com - Tragedi jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 di perairan Karawang pada 29 Oktober 2018  jadi pukulan telak untuk dunia aviasi nusantara. Setelah tiga bulan berselang, Cockpit Voice Recorder (CVR) pada akhirnya berhasil ditemukan.

Tim Komnado Armada (Koarmada) I berhasil menemukan CVR pada pukul 09.10 WIB. Saat ini CVR sudah diangkat ke kapal milik TNI AL. Kadispen Koarmada I Letkol Laut Agung Nugroho mengonfirmasi hal tersebut.

“Iya ketemu pukul 09.10 WIB. Ditemukan oleh penyelam Kopaska dan Dislambair I. Sekarang sudah diangkat ke kapal,” katanya seperti dikutip dari Detik.com, Senin (14/1/2019).

Hingga saat ini Agung belum bisa memberikan kepastian lokasi penemuan CVR tersebut. Menurut dugaan sementara, lokasi CVR kemungkinan tidak jauh dari titik jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP tersebut.

Seperti diketahui JT 610 yang jatuh di perairan Karawang menewaskan 189 orang. Pabrikan pesawat Boeing langsung melakukan inspeksi dan melakukan pembenahan pasca kejadian nahas tersebut. Sebab jenis pesawat Boeing 737 MAX yang jatuh termasuk dalam seri baru yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Amerika Serikat tersebut.

Salah satu yang jadi perhatian adalah kerusakan software yang bakal segera dibenahi. Untuk kasus JT 610, menurut flight data recorder, pilot sudah berusaha berulang kali untuk memperbaiki sistem yang rusak sebelum akhirnya pesawat tersebut terjatuh.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});