Dada Terasa Nyeri Usai Minum Soda, Berbahayakah?

Rusmanto
Rusmanto

Dada Terasa Nyeri Usai Minum Soda, Berbahayakah? Ilustrasi
Winnetnews.com - Minuman bersoda memang sangat menyegarkan untuk dikonsumsi kapan saja, apalagi jika suhu udara cenderung cukup panas. Masalahnya adalah kita terkadang merasakan sensasi kurang nyaman dan nyeri dada setelah mengonsumsinya. Apakah hal ini menandakan bahaya kesehatan?

Penyebab sensasi nyeri dada setelah minum soda

Pakar kesehatan menyebut minuman bersoda sebagai minuman yang diberi tambahan karbondioksida. Sayangnya, keberadaan karbondioksida ini bisa menyebabkan sensasi nyeri pada dada, apalagi jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Sensasi nyeri dada ini berasal dari penumpukan gas karbondioksida dalam jumlah yang banyak. Hal ini akan memicu tekanan berlebihan pada saluran pencernaan, termasuk yang berada di bagian dada. Tekanan inilah yang kemudian memicu munculnya sensasi nyeri. Jika hal ini juga merangsang produksi asam lambung lebih banyak, maka akan memicu sensasi terbakar yang bisa saja menjalar hingga ke kerongkongan.

Selain itu, sebagian orang juga akan mengalami gejala tidak nyaman pada perut seperti kembung, penuh, hingga sensasi mual-mual. Hal ini juga dipicu oleh penumpukan gas karbondioksida didalamnya.

Apa Reaksi Kamu?