Daerah Ini yang Terparah Akibat diterjang ROB

Daerah Ini yang Terparah Akibat diterjang ROB

Kamis, 9 Jun 2016 | 10:47 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Badan Meteorologi, Klimatomologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadi gelombang tinggi dan pasang laut naik pada Rabu (8/6/2016). Dari data sementara yang dikutip Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dari laporan dari BPBD, sedikitnya 23 kabupaten/kota yang mengalami banjir rob dan gelombang pasang.

Daerah-daerah yang mengalami banjir rob dan gelombang pasang antara lain Kabupaten Kulon Progo, Gunungkidul, Bantul, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Pekalongan, Purworejo, Wonogiri, Semarang, Pacitan, Banyuwangi, Jember, Trenggalek, Malang, Tulungagung, Lumajang, Gresik, Tuban, Surabaya, Pemekasan, Probolinggo, dan Jakarta.

Daerah yang mengalami kerusakan berada di kawasah selatan Yogyakarta. Ada 15 kawasan wisata pantai di daerah Yogyakarta mengalami kerusakan akibat terkena gelombang setinggi 5-7 meter yaitu Pantai Trisik, Bugel, Glagah, Congot, Drini, Sadranan, Ngandong, Sundak, Somendang, Pulang Sawah, Pok Tunggal, Gesing, Sepanjang, Watu Kodok dan Watu Baru di Kabupaten Gunungkidul, Kulon Progo, dan Bantul.

Di kawasan wisata pantai di Gunungkidul terdapat 101 gazebo rusak, 21 warung rusak, tiga bangunan SAR rusak dan beberapa talud. Sedangkan di Kulon Progo kerusakan meliputi 54 warung, tujuh perahu, lima tambak udang dan beberapa bangunan wisata. Di Bantul kerusakan meliputi 30 warung, perahu dan posko.

Hal yang sama terjadi di Pantai Karangrejo dan Pantai Boom di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sebanyak 73 rumah rusak terkena gelombang.

Sutopo mengimbau masyarakat selalu waspada.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...