Dalam 3 Tahun Terakhir 200 Gajah Sumatera Menghilang

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Dalam 3 Tahun Terakhir 200 Gajah Sumatera Menghilang

 

WinNetNews.com - Bukan hanya hutan kita yang terbakar sehingga mengekspor asap, namun hewan kita juga berkurang drastis. Populasi hewan langka di Indonesia juga menurun drastis. Dalam 3 tahun terakhir 200 gajah Sumatera menghilang.

Seperti dilansir dari mongabay, menurut pihak WWF Indonesia, sejak tahun 2012 lalu sudah ada 200 gajah yang mati di alam liar karena manusia. Jika hukum perburuan ini tidak ditegakkan, populasi gajah yang sekarang berjumlah kurang dari 2.000 akan punah dalam 10 tahun saja.

Dalam 3 tahun terakhir 200 gajah Sumatera menghilang. Setelah ditelusuri, ternyata kematian gajah banyak disebabkan karena konflik gajah dengan manusia. Hutan tempat tinggal gajah sekarang banyak yang digunakan untuk perluasan perkebunan sawit. Banyak gajah kehilangan tempat tinggal sehingga mereka mulai masuk ke perkampungan manusia. Sisanya diburu untuk diambil gadingnya.

Saat ini gajah sudah masuk dalam kategori hewan yang menuju kepunahan. Jika hukum tegas, para pelanggar hukum tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati ini dikenai hukuman lima tahun penjara atau denda 200 juta rupiah. Kesulitan pihak berwajib ada pada saksi mata dan bukti akan kejadian ini. Baru sedikit pelaku yang dihukum.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});