Dalam Lawatannya di China, Jokowi Kunjungi Masjid Tertua di Beijing
istimewa

Dalam Lawatannya di China, Jokowi Kunjungi Masjid Tertua di Beijing

Minggu, 14 Mei 2017 | 17:50 | Rusmanto

WinNetNews.com - Selain menghadiri KTT Jalur Sutra, salah satu agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya ke China adalah berkunjung ke masjid tertua dan terbesar di Beijing, yakni Masjid Niujie.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mendapatkan penjelasan mengenai awal kedatangan muslim China yang datang ke Indonesia pada abad ke-15 silam. Penjelasan ini disampaikan oleh Ketua Asosiasi Islam Tiongkok dan Imam Masjid Niujie.

“Ternyata hubungan antara Tiongkok dan Indonesia ini juga dimulai pada abad 15 yang lalu yaitu muslim Tiongkok datang ke Indonesia untuk berdagang di abad 15,” kata Presiden Jokowi saat mengunjungi masjid tertua di China, Masjid Niujie, di Beijing, Minggu (14/5/2017).

Muslim Tiongkok, jelas Jokowi, saat itu mendarat di Pulau Jawa, yakni di Lasem dan di beberapa tempat yang lain di Indonesia, termasuk di Palembang. “Sehingga hubungan itu sudah lama antara Indonesia dan Tiongkok,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengaku sangat senang karena umat muslim yang ada di Negeri Tirai Bambu itu sangat didukung dan diberikan ruang oleh pemerintah setempat.

Bahkan menurut informasi yang diterimanya dari Imam Masjid, umat muslim yang ada di Tiongkok ini ada 23 juta. Sebuah jumlah yang membuat Presiden merasa kaget. Selain itu, di Tiongkok ada 23.000 masjid, yang menurutnya jumlah yang tidak sedikit.

Mengenai alasan kunjungannya ke Masjid Niujie itu, Presiden Jokowi mengaku ingin melihat kehidupan umat muslim yang ada di Tiongkok.

“Tadi saya juga menyampaikan kepada Bapak Ketua dan Imam, salam saya untuk umat muslim di Tiongkok,” pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...