Dampak Bullying bagi Kesehatan di Tempat Kerja
ilustrasi

Dampak Bullying bagi Kesehatan di Tempat Kerja

Senin, 13 Jul 2020 | 07:34 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Penindasan atau biasa lebih dikenal sebagai bullying dapat terjadi di mana saja, termasuk di kantor. Perilaku yang mengganggu pegawai lain tanpa alasan yang jelas ini tentu bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Apa saja dampak bullying di tempat kerja yang perlu Anda waspadai?

Dampak bullying di tempat kerja bagi kesehatan

Bullying di tempat kerja merupakan perilaku melecehkan pegawai lainnya yang dilakukan berulang kali di kantor, baik saat bekerja maupun tidak. Menurut penelitian dari jurnal Innovation in Clinical Neuroscience, perilaku ini terjadi pada 11% pegawai. Umumnya, pekerja yang ditindas adalah pekerja kasar dan tidak cukup terampil. 

Walaupun demikian, masalah intimidasi saat bekerja ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Perilaku bullying di tempat kerja ini tentu dapat menimbulkan dampak yang cukup serius terhadap kesehatan dan keamanan pegawai. 

1. Kesehatan fisik bermasalah

image0

Salah satu dampak yang paling terlihat ketika Anda atau orang lain mengalami bullying di tempat kerja adalah munculnya gangguan kesehatan fisik. Berbagai keluhan masalah umum terkait tubuh para pegawai yang mengalami penindasan sering ditemukan, seperti

  • nyeri leher dan sakit leher kronis
  • fibromyalgia
  • diabetes tipe 2
  • selalu merasa lelah
  • gangguan tidur

Bahkan, penindasan di tempat kerja juga dapat menimbulkan risiko penyakit jantung meskipun cukup jarang terjadi. Hal ini dibuktikan melalui penelitian European Heart Journal. 

Penelitian tersebut menunjukkan pegawai yang terintimidasi di tempat kerja berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pembuluh darah jantung dan otak. Masalah pada jantung tersebut bisa berakibat pada serangan jantung dan stroke. 

Walaupun demikian, studi tersebut belum menemukan apa yang menjadi penyebab bullying di tempat kerja dapat menyebabkan risiko penyakit jantung lebih tinggi. Namun, temuan tersebut diharapkan dapat mengingatkan para petinggi di setiap tempat kerja untuk mengawasi lingkungan kantor mereka. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...