Dampak Buruk Jika Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C

Dampak Buruk Jika Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C

Jika Anda mengalami sariawan, pasti banyak yang bilang bahwa Anda kekurangan vitamin C. Vitamin C adalah jenis vitamin yang dalam air dan dapat banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Vitamin C ini memberikan peran yang penting dalam pembentukan kolagen dan juga berfungsi sebagai antioksidan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengingat manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, komsumsi vitamin C setiap hari tentu sangat penting. Tapi jika terlalu banyak dan tidak sesuai aturan, vitamin C ini justru bisa menjadi racun bagi tubuh.

Melansir laman dreamersradio, berikut adalah beberapa masalah yang didapat jika mengkonsumsi vitamin C berlebihan.

1. Overdosis

Setiap vitamin dan asupan nutrisi memiliki batas atas toleransi, yaitu jumlah maksimum yang bisa dikonsumsi setiap hari tanpa mengalami efek sakit. The Merck Manuals Online Medical Library, batas atas toleransi vitamin C adalah 2000 miligram atau 2 gram per hari. Lebih dari itu akan dianggap sebagai overdosis.

2. Masalah pencernaan

Efek samping yang umum dari kelebihan mengkonsumsi vitamin C adalah masalah pencernaan. Jika asupan lebih dari dosis yang dianjurkan, saluran pencernaan akan mengalam iritasi dan menyebabkan diare.

Selain rasa tidak nyaman di perut, diare atau muntah dalam jangka waktu yang panjang juga bis amenyebabkan dehidrasi, kelelahan, dan mengurangi tekanan darah.

3. Batu ginjal

Vitamin yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi zat yang disebut oksalat. Beberapa oksalat akan dikeluarkan melalui urin, namun jika tingkat oksalat tinggi akan menyebabkan pembentukan deposit yang dikenal sebagai batu ginjal.

4. Hemokromatosis

Hemokromatosis adalah suatu kondisi yang yang disebabkan oleh kelebihan zat besi dalam tubuh. kondisi ini umumny apaling sering mempengaruhi hati, jantung, dan pankreas. Nah vitamin C dalam tubuh ini dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Meskipun kelebihan vitamin C tidak menyebabkan hemokromatosis, manun itu dapat memperburuk kondisi.