Dampak Buruk Konsumsi Buah Secara Berlebihan

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Dampak Buruk Konsumsi Buah Secara Berlebihan Ilustrasi, Unsplash

Winnetnews.com - Memakan buah setiap hari memang dianjurkan. Sebab, dalam buah terdapat vitamin dan mineral tertentu yang belum didapatkan dari konsumsi sayuran saja. Namun ternyata memakan buah terlalu banyak juga akan menimbulkan masalah bagi tubuh kita. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa efek samping memakan buah terlalu banyak.

Mudah kembung

Buah memiliki kandungan fruktosa, dimana kandungan ini tidak bisa diserap tubuh dengan baik. Hasilnya, buah hanya akan menetap di perut dalam waktuyang lama, hingga ada bakteri yang bisa mencernanya secara sempurna. Ketika bakteri mencernanya, maka fruktosa akan mengeluarkan gas yang menyebabkan perut menjadi kembung.

Diare

Masih ada kaitannya dengan penyerapan fruktosa yang tidak bisa dilakukan secara sempurna oleh tubuh, makan buah terlalu banyak juga dapat menyebabkan diare yang sulit berhenti. Diare terjadi karena tubuh membuang fruktosa dan kandungan lain yang tidak bisa diserap tubuh. Tingkat serat yang sangat tinggi dapat bisa membuat kita buang air besar secara berlebihan.

Berat badan sulit turun

Kebanyakan orang sengaja hanya memakan buah-buahan dan tidak makan makanan yang lain, karena buah dianggap dapat menurunkan berat badan. Sebenarnya hal itu benar. Namun, buah-buahan juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga kita akan lebih cepat gemuk dan berat badan tidak turun. Selain itu, karbohidrat juga bisa membuat gula darah menjadi naik. Sehingga tubuh akan melepaskan kandungan insulin yang menyebabkan tubuh kita gemuk.

Apa Reaksi Kamu?