Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Organ Tubuh
Foto: Unsplash/Kigna Cichewicz

Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Organ Tubuh

Senin, 5 Apr 2021 | 15:44 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kurang tidur sering kali membuat seseorang jadi kelelahan, badmood, dan lainnya. Selain hal itu, ternyata kurang tidur juga bisa berdampak buruk bagi organ tubuh.

Sains telah mengaitkan kurang tidur dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari penambahan berat badan hingga sistem imunitas tubuh yang melemah.

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa dampak buruk yang terjadi pada tubuh jika sering kurang tidur.

Sistem imun tubuh menurun

Kurang tidur mencegah imun membangun kekuatannya. Jika kurang tidur, maka tubuh tidak dapat menangkis penyakit yang menyerang dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Kurang tidur jangka panjang juga bisa meningkatkan risiko kondisi kronis, seperti diabetes militus dan penyakit jantung.

Sistem pernapasan terganggu

Gangguan pernapasan malam hari atau obstructive sleep apnea (OSA) dapat menurunkan kualitas tidur. Ketika kamu terjaga sepanjang malam, membuat tubuh jadi lebih rentan mengalami infeksi pernapasan seperti flu.

Kurang tidur juga dapat memperburuk penyakit pernapasan yang sudah ada, seperti penyakit paru-paru kronis.

Saluran pencernaan terganggu

Kurang tidur menyebabkan tubuh melepaskan lebih sedikit insulin setelah makan. Insulin diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah (glukosa).

Jika hal ini terjadi, maka toleransi tubuh terhadap glukosa menurun dan sering dikaitkan dengan resistensi insulin. Gangguan tersebut bisa menyebabkan diabetes militus dan obesitas.

Risiko penyakit jantung tinggi

Orang-orang yang kurang tidur lebih mungkin terkena penyakit kardiovaskular (jantung). Sebuah analisis yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology tahun 2017, mengkaitkan insomnia dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...