Bahayanya Bakteri yang Menempel di Uang Kertas dan Koin
ilustrasi

Bahayanya Bakteri yang Menempel di Uang Kertas dan Koin

Kamis, 2 Jul 2020 | 06:29 | Rusmanto

Winnetnews.com - Uang termasuk salah satu benda paling kotor karena dihuni berbagai jenis bakteri. Dengan alasan tersebut, Anda disarankan untuk selalu mencuci tangan dengan baik setelah memegang uang lembaran ataupun koin. 

Sayangnya, meski sudah paham dan mengerti akan hal ini, orang-orang seringkali lupa atau menghiraukan kewajiban untuk mencuci tangan setalah melakukan kontak langsung dengan uang. 

Bakteri atau kuman pada uang kertas dan koin dapat menempel di tangan, lalu kemungkinan besar masuk ke dalam tubuh secara disadari atau tidak saat Anda memegang mata, hidung, atau mungkin mulut.

Jenis dan risiko penyakit dari bakteri pada uang kertas dan koin

image0

Mengingat uang telah berpindah dari satu tangan ke tangan lain, tidak heran jika terdapat ratusan hingga ribuan bakteri dan kuman pada uang. Penelitian menunjukkan bahwa dalam selembar uang kertas membawa 3.000 jenis bakteri. Sebagian besar bakteri yang ditemukan merupakan jenis yang biasa terdapat pada kulit manusia, dan sisanya mirip dengan bakteri yang ada dalam mulut.

Meski jumlah dan jenis bakteri pada uang kertas dan koin dari setiap negara berbeda, Anda dapat menjadikan beberapa penelitian dari luar sebagai bayangan mengenai betapa kotornya uang yang setiap hari Anda pegang.

Uang kertas

Dr. Ted Pope dan peneliti lain memprakarsai sebuah studi  tentang uang kertas yang dikumpulkan dari penjual makanan dan toko kelontong. Dr. Ted mengungkapkan bahwa terdapat sejumlah bakteri yang dikenal dapat menyebabkan keracunan makanan dan pneumonia pada manusia.

Dr. Ted dan kolega juga mengidentifikasi sebanyak 93 bakteri pada uang kertas yang mereka peroleh. Lima lembar uang di antaranya terdapat bakteri yang dapat menyebabkan infeksi atau pneumonia pada orang sehat.

Dari total 59 lembar uang yang digunakan sebagai bahan penelitian, ditemukan beberapa bakteri seperti:

  • Staphylococcus
  • Streptococcus
  • Enterobacter
  • Escherichia vulneris

Semua bakteri tersebut dikenal dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, terutama infeksi pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Uang koin

Meski uang koin sekarang ini mungkin lebih jarang Anda gunakan daripada uang kertas, bakteri pada recehan, menurut Shirley Lowe dari University of California, memiliki jumlah bakteri yang hampir sama banyak.

Shirley menyatakan, “Studi yang telah saya lakukan tak hanya menemukan jumlah bakteri yang sama, tetapi juga 18 persen dari koin yang digunakan dalam penelitian terdapat organisme yang termasuk patogen (mikro-organisme yang berpotensi menyebabkan penyakit).”

Di sisi lain, Shirley mengklaim bahwa sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir mengenai hal ini. Hal ini berdasarkan alasan karena belum ditemukan kasus penyakit menular akibat bakteri dari uang. Organisme yang ditemukan pada uang memang berpotensi menyebabkan penyakit. Akan tetapi, jumlah bakteri yang ditularkan dari uang kertas dan koin harus signifikan dan hal tersebut sangat jarang terjadi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...