Dampak Flu bagi Penderita Diabetes yang Harus Diperhatikan
ilustrasi

Dampak Flu bagi Penderita Diabetes yang Harus Diperhatikan

Kamis, 9 Jan 2020 | 11:55 | Rusmanto
Winnetnews.com - Flu seringkali dianggap sebagai masalah kesehatan yang ringan. Penyakit ini bahkan bisa sembuh dengan sendirinya asalkan kita mengistirahatkan tubuh dan memperbanyak asupan air putih. Hanya saja, penyakit ini ternyata bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes, lho. Apa alasannya?

Penyebab Flu Bisa Berbahaya bagi Penderita Diabetes

Pakar kesehatan menyebut bahaya penyakit flu yang diderita oleh penderita diabetes bisa lebih tinggi tiga kali lipat jika dibandingkan dengan yang didapatkan oleh mereka yang tidak menderita diabetes. Penderita diabetes juga cenderung lebih rentan untuk tertular penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini.

Masalahnya adalah tubuh penderita diabetes akan mengalami dua masalah sekaligus jika sampai terkena flu, yakni kesulitan mengendalikan gula darah dan kesulitan untuk menangani efek dari penyakit flu.

Flu adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini cenderung sangat mudah menular lewat media udara atau sentuhan antar manusia. Gejalanya biasanya adalah sensasi nyeri pada otot dan persendian, demam, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, dan sakit kepala.

Bagi penderita diabetes, dampak dari penyakit flu bisa jauh lebih parah, yakni membuat kadar gula darah melonjak tajam. Jika sampai hal ini terjadi, akan memicu hipoglikemia dan kelebihan keton di dalam tubuh. Jika sampai hal ini terjadi, risiko terkena masalah ketoasidosis yang bisa memicu koma atau kematian akan meningkat!

Penderita diabetes juga cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang normal. Hal ini membuat mereka bisa sangat mudah tertular penyakit flu. Kondisi ini juga membuat mereka tidak bisa menyembuhkan flu secara alami sebagaimana orang normal. Penderita diabetes harus mendapatkan obat atau perawatan khusus demi mengatasinya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...