Dampak Makan Cokelat Bagi Penderita Darah Tinggi dan Kolesterol

Rusmanto
Rusmanto

Dampak Makan Cokelat Bagi Penderita Darah Tinggi dan Kolesterol ilustrasi
Winnetnews.com - Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat? Rasanya manis dan bisa membantu mengatasi stres. Hanya saja, banyak orang yang takut untuk makan cokelat karena menganggapnya bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Padahal, cokelat sebenarnya baik bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi jantung dan pembuluh darah.

Dampak makan cokelat bagi kondisi tekanan darah dan kolesterol tubuh

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Cocoa and Cardiovascular Health pada 2009 lalu menghasilkan fakta bahwa kandungan cokelat, yakni kakao tinggi polifenol. 

Bahkan, kandungan polifenol di dalam cokelat cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di dalam teh. Sebagai informasi, jika kita mengonsumsi satu sajian cokelat, maka kita sudah bisa mendapatkan 611 mg polifenol dan 564 mg flavonoid berjenis epikatekin.

Berbagai senyawa aktif yang ada di dalam cokelat ini bisa memberikan perlindungan bagi jantung dan pembuluh darah karena mampu beperan sebagai antioksidan, mencegah peradangan, menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini tentu akan membuat fungsi pembuluh darah semakin meningkat.

Selain mengonsumsi cokelat sebagai camilan, pakar kesehatan menyebut konsumsi susu cokelat juga bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung. Jika kita meminumnya secara rutin, maka kadar kolesterol jahat bisa ditekan hingga 15 persen. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan asupan berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tulang dan jantung.

Apa Reaksi Kamu?