Dampak Minum Minuman Soda dalam Jangka Pendek dan Panjang

Dampak Minum Minuman Soda dalam Jangka Pendek dan Panjang

Senin, 1 Feb 2016 | 15:50 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Kadang Anda mengabaikan bahaya minum minuman bersoda. Padahal, minuman bersoda memberikan dampak langsung dalam satu jam dan efek jangka panjang mematikan. Berikut dampak yang terjadi ketika tubuh minum minuman bersoda dalam satu jam dan jangka panjang mematikan.

Setelah 10 menit tubuh akan dipenuhi gula

Minum sekaleng minuman bersoda setara dengan makan 10 sendok teh gula sekaligus. Asam fosfat yang terkandung dalam minuman ringan juga akan mencegah tubuh bereaksi terhadap kelebihan gula.

Setelah 20 menit, insulin disekreksikan untuk mencegah kelebihan gula

Gula darah naik menyebabkan sekresi insulin untuk menghilangkan kelebihan gula dari darah. Organ hati akan mengubah gula berlebih ini menjadi lemak.

Setelah 40 menit, kafein memasuki darah

Kafein yang hadir dalam minuman ringan benar-benar masuk ke dalam pembuluh darah. Hal ini menyebabkan tekanan darah meningkat dan pupil mata melebar. Karena itu, Anda akan merasa aktif dan bergairah karena reseptor adenosin di otak dihambat oleh molekul kafein.

Setelah 45 menit, Anda akan merasa senang

Pusat kesenangan di otak akan dirangsang. Karena, minuman bersoda memiliki efek yang sama seperti obat adiktif. Anda akan mendapatkan dorongan untuk merasakan puncak emosi bahagia.

Setelah 60 menit, tubuh akan kehilangan kalsium

Asam fosfat dalam minuman ringan akan mengikat kalsium, magnesium dan seng dalam usus. Artinya, asam fosfat mencegah penyerapan ketiga nutrisi tersebut ke tubuh, kemudian mengeluarkannya dalam bentuk tinja.

Risiko jangka panjang

Efek berbahaya bagi organ hati

Minum terlalu banyak minuman bersoda dapat menempatkan hati pada risiko kerusakan hati. Bahan kimia yang hadir dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan sirosis hati.

Risiko diabetes dan obesitas

Minuman bersoda adalah penyebab utama di balik tingginya gula darah. Gula pada minuman bersoda 100 persen lebih dari asupan gula harian yang direkomendasikan. Oleh karena itu, terlalu banyak minum minuman bersoda dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan diabetes. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...