Dampak Minum Obat Diet Saat Haid
ilustrasi

Dampak Minum Obat Diet Saat Haid

Sabtu, 1 Mei 2021 | 16:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Proses menurunkan berat badan dengan makan makanan sehat dan olahraga teratur tampaknya tidak selalu berhasil bagi sebagian orang.

Saking frustasinya karena berat badan tidak kunjung berkurang, beberapa wanita berpaling mengonsumsi obat diet untuk mendapatkan hasil instan.

Tinggal mengonsumsi dua sampai tiga butir obat per hari, nafsu makan menurun dan berat badan bisa turun cepat. Sayangnya, pil diet ini belum tentu baik untuk dikonsumsi tubuh.

Dalam beberapa kasus, siklus atau jadwal haid perempuan jadi tidak lancar teratur setelah mengonsumsi obat diet. Mengapa obat diet membuat haid tidak lancar? Simak penjelasan dokter berikut ini.

Ketahui Kandungan Umum Zat di dalam Obat Diet

image0

Sebelum mengetahui hubungan obat diet yang sering membuat haid tidak lancar, ketahui dulu kandungan serta cara kerja obat ini:

  • Kafein

Umumnya obat diet mengandung zat kafein yang terdapat di dalam teh hijau atau biji kopi. Zat kafein yang sering disebut sebagai stimulan ini, berfungsi membuat tubuh tetap aktif sehingga dapat membakar kalori lebih banyak.

Sayangnya, kafein ini diketahui tidak dapat mengurangi berat badan atau membuang lemak di tubuh secara signifikan.

  • Zat Diuretik

Zat diuretik sering ditemukan di dalam kandungan kopi hijau dan akar buah ceri. Diuretik bekerja dengan membuang cairan tubuh lewat buang air kecil.

Beberapa orang yang minum obat diet, melaporkan postur badannya mengecil seiring dengan meningkatnya frekuensi kencingnya.

Padahal, yang dikeluarkan tubuh melalui kencing bukanlah lemak, melainkan hanya air.

Maka itu, penurunan berat badan akibat zat diuretik bersifat water loss, bukan fat loss. Tak jarang, berat badan mudah naik lagi atau ukuran baju cepat kembali seperti semula jika tak lagi minum obat diet.

  • Laksatif

Zat laksatif terdapat dalam beberapa tanaman herbal seperti senna atau akar rhubarb. Zat ini diyakini para produsen obat diet dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Cara kerja zat laksatif membuat tubuh mulas dan buang air besar. Hal ini membuat tidak ada kalori yang bisa dicerna tubuh.

  • Serat

Serat dalam obat diet digunakan untuk membantu menahan nafsu makan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Jadinya, Anda akan makan lebih sedikit saat minum obat diet ini.

Beberapa penelitian mengatakan, kombinasi beberapa zat di atas yang terdapat dalam obat diet memang bisa menurunkan berat badan secara cepat.

Sayangnya, berat badan Anda pun akan cepat kembali naik, karena manfaat zat tersebut dalam tubuh hanya sementara. Selain itu, lebih banyak ditemukan efek samping serius dibanding manfaat kesehatan yang didapat dari minum obat diet.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...