Dampak Minum Teh Saat Menstruasi
ilustrasi

Dampak Minum Teh Saat Menstruasi

Sabtu, 1 Mei 2021 | 15:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Teh adalah minuman favorit yang biasanya dinikmati saat pagi ataupun sore hari. Bukan hanya nikmat, konsumsi teh dengan cara dan porsi yang tepat juga bisa mengundang banyak manfaat kesehatan.

Sayangnya, Anda yang sedang datang bulan tidak dianjurkan untuk minum teh, apalagi dalam jumlah berlebihan. Bukannya bermanfaat, minum teh saat haid malah dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan.

Bahaya Minum Teh saat Haid

image0

Haid atau menstruasi merupakan kondisi luruhnya dinding rahim karena tidak ada sel telur yang dibuahi oleh sperma. Hal ini menyebabkan keluarnya darah dari vagina, yang biasa terjadi sebulan sekali.

Haid biasanya disertai dengan keluhan nyeri. Beberapa wanita beranggapan, teh dapat bantu mengatasi kondisi ini. Padahal, fakta medis berkata sebaliknya; minum teh saat haid adalah hal yang tidak dianjurkan.

Berikut ini beberapa efek minum teh saat haid yang bisa merugikan kesehatan:

  • Meningkatkan Risiko Anemia

Darah yang keluar saat haid perlu diganti alias diproduksi ulang oleh tubuh. Satu-satunya cara agar tubuh mampu memproduksi sel darah merah adalah dengan memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Jika Anda minum teh saat haid, penyerapan zat besi dari makanan ke tubuh akan terganggu akibat zat tanin di dalamnya. Akibatnya, pembentukan sel darah merah yang baru pun ikut terganggu. Jika ini dibiarkan, risiko Anda terkena anemia atau kurang darah akan meningkat.

  • Gangguan Suasana Hati

Teh juga mengandung kafein yang cukup tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi kafein saat haid dapat meningkatkan risiko kecemasan, stres, dan gelisah. 

Dengan kata lain, konsumsi teh saat haid malah bikin suasana hati Anda semakin berantakan.

  • Perut Kembung dan Mual

Kadar hormon yang naik turun saat haid dapat menyebabkan keluhan perut kembung dan mual. Ini karena hormon estrogen yang meningkat turut mempengaruhi reseptor estrogen di perut, sehingga menghasilkan banyak gas.

Jika Anda minum teh saat haid, kandungan tanin di dalamnya dapat mengiritasi jaringan saluran pencernaan sehingga menambah gejala rasa tidak nyaman di perut. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...