Dampak Trauma Masa Lalu bagi Kehidupan Sekarang
ilustrasi

Dampak Trauma Masa Lalu bagi Kehidupan Sekarang

Selasa, 16 Jul 2019 | 12:15 | Rusmanto
Winnetnews.com - Pacar terlalu cemburuan hingga rasanya Anda bikin gerah dan naik pitam? Tunggu. Tahan dulu amarah Anda. Besar kemungkinan ada alasan tertentu di balik semua sifat dan karakter si dia yang Anda anggap menyebalkan. Bisa jadi segala kelakuannya itu merupakan cerminan dari efek trauma masa lalu. Bagaimana efek trauma masa lalu bisa memengaruhi hubungan asmara saat dewasa?

Efek trauma masa lalu pada hubungan asmara saat dewasa

image0

Efek pernah menjadi korban kekerasan rumah tangga (KDRT) atau trauma masa lalu lainnya, seperti menjadi anak broken home sejak usia sangat belia, tidak hanya sebatas berdampak pada kestabilan emosi si anak tersebut.

Meski sudah bertahun-tahun lamanya, ternyata ingatan akan pengalaman buruk tersebut tidak lantas hilang begitu saja dari memori. Mungkin ada potongan ingatan yang sangat membekas dan terpatri dalam benak, yang kemudian terwujud pada kemunculan karakter atau sifat tertentu.

Dilansir dari Psychology Today, orang yang punya trauma masa kecil cenderung menyembunyikan perasaan, minderan, hingga sulit mengendalikan emosi. Para ahli berpendapat, trauma pengalaman buruk semasa kecil khususnya juga dapat membuat seseorang jadi sulit percaya pada orang lain.

Dampaknya pun bisa merambat pada kemampuan si anak tersebut untuk menjalin hubungan asmara di masa mendatang. Hal ini bukan hanya akan memengaruhi diri sendiri, tapi juga akhirnya pada hubungan asmara Anda dan pasangan kelak. Kenapa?

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...