Dampak Tudingan Manipulasi Voting, Banyak Brand Dikabarkan Batalkan Kontrak dengan X1?
Foto: Sportschosun

Dampak Tudingan Manipulasi Voting, Banyak Brand Dikabarkan Batalkan Kontrak dengan X1?

Jumat, 23 Agt 2019 | 11:20 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Mnet dituduh telah memalsukan hasil voting untuk program survival "Produce X 101" episode terakhir. Episode tersebut adalah moment penentu debut boygroup X1.  Mnet sebagai pihak penyelenggara diduga telah menentukan trainee yang akan debut karena terdapat keanehan dalam hasil voting. 

Kontroversi ini kabarnya membuat banyak brand ragu-ragu untuk bekerja-sama dengan X1 saat ini karena investigasi dugaan kecurangan hasil voting untuk acara ini masih berlangsung. Sebuah laporan yang dirilis oleh media Korea, Sports Chosun pada 22 Agustus menyatakan bahwa sebagian besar diskusi yang berkaitan dengan X1 mengenai iklan dan sponsor saat ini sedang ditahan. Sebelumnya, brand-brand yang akan bekerja-sama dengan X1 dikabarkan meminta Mnet untuk segera menyelesaikan masalah saat ini.

Meski kontroversi ini masih berlangsung, X1 tetap akan memulai debut pada tanggal 27 Agustus mendatang sesuai rencana. Mereka menghadapi situasi yang berbeda dari grup "Produce 101" sebelumnya seperti I.O.I, Wanna One dan IZ*ONE. Ketiga grup tersebut memiliki banyak tawaran untuk iklan dan pemotretan sebelum debut mereka, sementara X1 sedang berurusan dengan konsekuensi dari skandal dan investigasi yang sedang berlangsung mengenai tuduhan bahwa suara dalam episode terakhir dimanipulasi.

image0

Beberapa sumber di industri periklanan mengatakan kepada Sports Chosun, "Semuanya telah berhenti setelah 'Produce X 101' berakhir. Kami saat ini tidak dalam diskusi terkait dengan sponsor atau iklan yang terkait dengan X1. Mereka menerima tanggapan yang sama dari brand yang sebelumnya bekerja dengan grup 'PRODUCE 101'.⁣

image1

Seorang perwakilan brand mengungkapkan, “Masalah yang negatif ini menjadi terlalu besar. Kami harus mempertimbangkan reaksi konsumen. Dari sudut pandang perusahaan juga, mereka tidak bisa dengan mudah melangkah." Mereka menambahkan, "Ada kemungkinan bahwa kita bisa mempertimbangkannya lagi di masa depan, tetapi saat ini diskusi kita hentikan, rencana telah dibatalkan. Kami juga tidak punya rencana untuk pemotretan."⁣

Sports Chosun juga menyatakan bahwa banyak orang telah berhati-hati ketika ingin bekerja-sama dengan X1 karena kasus ini telah berkembang ke ranah hukum, dan mereka harus mempertimbangkan bahwa iklan dimaksudkan untuk citra perusahaan sendiri. Meskipun tidak dengan skala boikot, ada tekanan besar dirasakan melalui permintaan dari pelanggan dan komentar di media sosial.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...