Dana Asing yang Masuk RI Sudah Rp 128 T

Rusmanto
Rabu, 27 Juli 2016 12:27 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 27 Juli 2016 12:27 WIB
Image Dana Asing yang Masuk RI Sudah Rp 128 T

WinNetNews.com - Bank Indonesia (BI) mencatat dana asing yang masuk ke dalam negeri ( capital inflow ) hingga 25 Juli 2016 sudah mencapai Rp 128 triliun. Realisasi tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan capaian pada 2015 lalu.

"Banyak tawaran surat berharga dan pasar modal menarik ada tax amnesty, membuat optimisme cukup tinggi. Dana asing pada Juni masih Rp 102 triliun yang masuk tapi sampai 25 Juli Rp 128 triliun, tahun lalu Rp 55 triliun yang masuk ke pasar modal dan instrumen Bank Indonesia," kata Agus di Seminar Evaluasi Paket Kebijakan Ekonomi INDEF 2016 di Kampus STEKPI, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

"Kondisi fundamental ekonomi ini yang membuat investor tertarik menempatkan dananya di Indonesia. Kita lihat ketika inflasi terjaga target 4% plus minus 1% tercapai. Apalagi defisit transaksi berjalan terjaga, neraca perdagangan juga terjaga, banyak investor minat masuk ke Indonesia," kata mantan Menteri Keuangan ini.

Agus menuturkan, kondisi positif yang terjadi di Indonesia ini terbilang langka, mengingat banyak negara yang justru mengalami perlambatan akibat sentimen ketidakpastian.

"Ini yang terjadi di Indonesia dengan kondisi ekonomi yang stabil. Kita lihat ekonomi dunia ada perlambatan dan tidak seperti yang diharapkan. Karena masih ada sentimen seperti dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa dan ekonomi Amerika Serikat," ujar Agus.

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Pindah ke Liverpool, Becker Jadi Kiper dengan Biaya Transfer Termahal

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.