Dana Kelolaan DPLK Jiwasraya Selama 2015 Capai Rp1,45 Triliun

Dana Kelolaan DPLK Jiwasraya Selama 2015 Capai Rp1,45 Triliun

Sabtu, 23 Jan 2016 | 21:19 | Muchdi

WinNetNews.com - Dana Pensiun Lembaga Keuangan Jiwasraya membukukan dana kelolan Rp1,45 triliun sepanjang 2015.

Lusiana, Kepala Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK Jiwasraya), menjelaskan realisasi dana kelolaan atau asset under management itu sudah sesuai dengan target 2015.

DPLK yang berafiliasi dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) itu pada tahun lalu menargetkan nilai dana kelolaan mencapai RP1,4 triliun. “Aset hingga akhir Desember 2015 sebesar Rp1,446 triliun,” jelas Lusiana, Kepala Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK Jiwasraya).

Menurut dia, nilai itu pun bertumbuh 30% dibandingkan dana kelolaan pada 2014. Padahal, industri DPLK dihadapkan pada tantangan melemahnya kinerja ekonomi nasional dan beroperasinya program dana pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan. 

Pada 2015, sambung Lusiana, produk program pensiun untuk kompensasi pesangon (PPUKP) bertumbuh, meskipun sumbangsihnya terhadap total dana kelolaan belum signifikan, yakni masih berada di bawah 10%.  

 

Total dana kelolalan hingga akhir tahun lalu, ujarnya, masih didominasi produk reguler atau program pensiun iuran pasti (PPIP). Di sisi lain, porsi ritel dalam akumulasi dana kelolaan itu terus meningkat.

“Porsi ritel sudah mulai bertambah mencapai kisaran 25%, sedangkan selebihnya masih dikuasai segmen korporasi,” jelasnya. “Kami akan fokus ke PPUKP sebab pasarnya mulai naik dan akan booming dengan adanya legal opinion untuk produk itu dari asosiasi. Jadi, kami akan merealisasikan target dari situ,” kata dia.

Nur Hasan Kurniawan, Ketua Asosiasi DPLK, sebelumnya menyatakan asosiasi optimistis industri akan mampu mencatatkan pertumbuhan dana kelolaan sebesar 30% atau mencapai Rp46 triliun—Rp47 triliun hingga akhir Desember. Pasalnya, Realisasi dana kelolaan hingga hingga November 2015 telah mencapai Rp45 triliun.

Otoritas Jasa Keuangan, dalam ikhtisar data keuangan dana pensiun per November 2015, mencatat dana kelolaan telah mencapai kisaran Rp45,73 triliun. Realisasi itu tumbuh sekitar 28,13% dibandingkan dana kelolaan industri DPLK yang tercatat sebesar Rp35,69 triliun pada akhir 2014.

sumber dari Bisnis, Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...