Dana Pensiun Dan Asuransi Jadi Sumber Dana Untuk Buyback

Rusmanto
Selasa, 25 Agustus 2015 15:00 WIB
Oleh Rusmanto pada Selasa, 25 Agustus 2015 15:00 WIB
Image Dana Pensiun Dan Asuransi Jadi Sumber Dana Untuk Buyback

BUMN menggunakan dana pensiun, asuransi, dan kas internal untuk membeli kembali saham perusahaan di lantai bursa dengan nilai total minimal Rp10 triliun.

Menteri Negara BUMN Rini Soemarno mengatakan salah satu mekanisme pembelian kembali (buyback) saham dilakukan melalui program pembelian saham oleh karyawan atau employee stock option plan (ESOP).

Rini memastikan pemerintah tak menyiapkan dana khusus untuk buyback saham dari anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN).

Mantan Menteri Perindustrian itu mengaku sudah mulai mengintervensi harga dengan pembelian kembali (buyback) saham hari ini, Selasa(25/8/2015). Sayangnya, dia enggan menyebutkan nilai dana yang disuntikkan ke pasar modal.

Buyback saham dilakukan kepada 13 BUMN go public yang mengalami penurunan harga saham dalam beberapa waktu terakhir.

Pekan lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengizinkan emiten untuk melakukan buyback saham tanpa melalui rapat umum pemegang saham (RUPS).

Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran OJK No. 22/SEOJK.04/2015 tentang Kondisi Lain Sebagai Kondisi Pasar Yang Berfluktuasi Secara Signifikan Dalam Pelaksanaan Pembelian Kembali Saham Yang Dikeluarkan Oleh Emiten atau Perusahaan Publik. (jk)

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Kisah Mrapen, Tempat Asal Api Abadi Asian Games

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.