Dari Asia, Arab Saudi Jadi Tim Keempat yang Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2018

Dari Asia, Arab Saudi Jadi Tim Keempat yang Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2018 Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Timnas Arab Saudi akhirnya menjadi tim Asia keempat yang dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Penentuan lolosnya Arab berkat kemenangan tipis 1-0 atas Jepang mengantarkan mereka ke Rusia.

Menjamu Jepang di King Abdullah Sports City, Jeddah, Selasa (5/9/2017), Arab Saudi menang berkat gol semata wayang pemain pengganti Fahad Al Muwallad pada menit ke-63.

Gol Al Muwallad tersebut terbukti sangat krusial bagi Arab Saudi. Berkat kemenangan atas Jepang, mereka finis di peringkat kedua klasemen akhir Grup B dengan perolehan 19 poin dari sepuluh laga dan lolos ke putaran final. Sementara bagi Jepang kekalahan ini tak berarti apa-apa karena mereka tetap menjadi juara grup dengan 20 poin.

Arab Saudi menyusul Iran (juara Grup A), Jepang (juara Grup B), dan Korea Selatan (runner-up Grup A) yang lebih dulu lolos.

Sementara itu, Australia harus puas menempati posisi ketiga di klasemen Grup B dengan 19 poin. Australia akan menjalani play-off melawan tim peringkat ketiga Grup A, Suriah. 

Pemenang dari play-off tersebut selanjutnya akan berhadapan dengan tim peringkat keempat di kualifikasi zona CONCACAF untuk memperebutkan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2018.