Dari Mana Asal Nama Antareja?

Dari Mana Asal Nama Antareja?

 

Wingamers.com - Dari mana asal nama Antareja? Bor produksi Japan Tunnel Systems Corporation (JTSC) menjadi pemasok Antareja, mesin bor bawah tanah raksasa yang menjadi andalan pemerintah dalam menggarap proyek mass rapid transit (MRT) di Jakarta.

Namun dari mana asal nama Antareja? Namanya berasal dari lakon wayang Surakarta yang mengisahkan seorang ksatria bernama Antareja, saudara tiri Raden Gatotkaca dan Arya Antasena itu juga sakti dan tangguh.

Antareja merupakan putra pertana dari Bima sang Pandawa dan istri keduanya, Dewi Nagagini. Sang kakek Hyang Anantaboga memberi ajian Upasanta, yakni mahluk apapun yang menjilat kakinya akan mati. Anantareja juga diberi cincin Mustikabumi, pusaka itu memberinya kekebalan dari kematian asal kaki jangan menyentuh tanah. Kesaktian Anantareja inilah yang membuat namanya disematkan pada bor MRT Jakarta yang sudah beroperasi ini.

Dilansir dari Detik, Dono Boestami, Direktur Utama PT MRT Jakarta menjelaskan Antareja menggunakan teknologi berbasis Earth Pressure Balance (EPB) yang pertama kali digunakan di Indonesia. Ia menerangkan, Antareja memiliki diameter sekitar 6,7 meter dengan panjang 43 meter.

Dengan bobot 323 ton, mulai dari bagian kepala (cutterhead) hingga bagian akhir (backup cars). Antareja ini ini akan mampu melakukan pengeboran terowongan jalur bawah tanah MRT dengan kecepatan 8 meter per hari. Tahap awal bor Anantareja menggali terowongan MRT dari Patung Pemuda Senayan menuju Setiabudi. Mesin bor tersebut akan dioperasikan oleh kontraktor paket pekerjaan CP 104 dan CP 105 yaitu SOWJ joint venture yang terdiri dua perusahaan Jepang yaitu Shimizu dan Obayashi serta dua perusahaan nasional PT Wijaya Karya Tbk dan Jaya Konstruksi.