Dari Tambang Aspal Hingga Ikan Buaya, Wisata di Buton "Teluk Pasarwajo"

Liani
Liani

Dari Tambang Aspal Hingga Ikan Buaya, Wisata di Buton "Teluk Pasarwajo"

Kabupaten Buton di Sulawesi Tenggara menyimpan potensi wisata yang mengagumkan. Selain punya persediaan aspal yang begitu banyak dan tambangnya bisa dikunjungi turis, ada pula ikan langka yang disebut ikan buaya!

Buton mengandung potensi budaya yang bisa dijual. Kalau disanding dengan sumber alam lain seperti pertambangan, tentu ini modal yang besar. Aspal itu justru pariwisata

Tambang aspal yang akan dijadikan juga untuk tempat wisata adalah yang di kawasan Lawele. Tak jauh dari tambang itu, ada pula Hutan Lambusango yang bisa dikunjungi. Di hutan ini terdapat mamalia terkecil di dunia yakni tarsius, juga anoa.

Selain itu, Buton juga merupakan tempat yang cocok untuk snorkeling dan diving. Ada ikan unik yang punya kaki, biasanya disebut ikan buaya, dan Mandarin fish yang mudah sekali ditemui.

Ikan buaya itu hanya bisa dilihat saat diving, itu juga tidak setiap saat. Sedangkan mandarin fish lebih mudah ditemui. Hanya dengan berenang santai atau snorkeling, ikan tersebut langsung bisa dilihat.

Dengan potensi pariwisata yang bagus, tentunya diharapkan bisa menarik banyak turis untuk berkunjung. Tapi memang belum ada target berapa kunjungan turis, karena memang saat ini masih dalam tahap memperbanyak promosi dan memperbaiki infastruktur.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});