Debat Capres Hampir Diboikot Gara-gara Pernyataan Jokowi

Daniel
Daniel

Debat Capres Hampir Diboikot Gara-gara Pernyataan Jokowi Foto: Kompas

Winnetnews.com - Pada debat calon presiden ronde kedua, ada satu momen di mana capres petahana Joko Widodo menyinggung mengenai kepemilikan lahan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. Buntutnya, Jokowi dilaporkan ke Badan Pengawasan Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) akibat pernyataan yang dinilai terlalu menyerang sisi personal.

Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) bahkan sempat ingin memboikot acara debat. Namun, mereka melakukan diskusi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Bawaslu dan pada akhirnya sepakat melaporkan pernyataan Jokowi tersebut.

Pada sesi debat Jokowi menyentil kepemilikan ratusan ribu hektar Prabowo yang terletak di Aceh Tengah dan Kalimantan Timur. Pernyataan Jokowi tersebut merupakan respons dari pernyataan Prabowo sebelumnya soal kebijakan pembagian sertifikat lahan. Jokowi dinilai telah melanggar Pasal 280 huruf c Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. 

“Semalam kami semestinya memboikot acara debat itu, sudah ada pembicaraan ke arah situ. Tapi memang kita diskusi KPU dan Bawaslu, ada ruang hukum hak warga negara menyampaikan laporan. Kami sepakat,” jelas Kuasa Hukum TAIB, Djamaludin Koedoeboen.

“Kami telah melaporkan capres 01 dalam hal ini Pak Jokowi terkait dengan apa yang telah beliau sampaikan semalam pada debat capres kedua di Hotel Sultan Jakarta,” katanya.

Apa Reaksi Kamu?