Debat Capres: Untuk Hindari Bentrok, Pendukung Jokowi-Prabowo Dipisah

Rusmanto
Rusmanto

Debat Capres: Untuk Hindari Bentrok, Pendukung Jokowi-Prabowo Dipisah ilustrasi

WinNetNews.com - Sebanyak 2.000 personel gabungan TNI-Polri akan dikerahkan untuk pengamanan debat capres perdana. Para pendukung masing-masing paslon juga akan disekat.

"Pada prinsipnya untuk pengamanan debat besok Polda Metro Jaya sudah sangat siap. Jumlah 2 ribu personel dan melibatkan TNI dan pengamanan internal KPU sebagai penyelenggara," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Dedi mengatakan salah satu bentuk pengamanan yang akan dilakukan adalah penyekatan. Hal itu untuk menghindari bentrokan 2 kubu pendukung pasangan capres-cawapres.

"Sudah diantisipasi secara komprehensif oleh Polda Metro Jaya, secara teknis penyekatan-penyekatan, penggalangan agar tidak terjadi bentrok fisik," ujarnya.

Dedi berharap masyarakat ikut menjaga suasana kondusif pada hari debat. Menurutnya, perbedaan pilihan merupakan hal biasa.

"Meskipun besok debat, namun untuk kondusivitas Jakarta harus dijaga bersama. Jangan dikotori dengan perbedaan. Perbedaan adalah hal biasa di kehidupan masyarakat. Tapi yang penting bagaimana menjaga situasi Jakarta tetap aman," kata dia.

Debat perdana capres-cawapres 2019 akan digelar Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1). Tema debat perdana itu adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

KPU mengatakan ada 500 undangan yang diundang dalam debat itu. Rinciannya, 300 orang yang diundang pihak KPU dan 200 orang dari pendukung masing-masing kandidat 100 orang. Tamu undangan KPU sebanyak 300 orang itu berasal dari beberapa latar belakang, dari mantan Presiden RI hingga tokoh masyarakat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono sebelumnya mengatakan pengamanan akan dilakukan 4 lapis atau 4 ring, mulai dari jalur-jalur yang akan dilalui pasangan capres-cawapres menuju lokasi debat. Khusus untuk Jokowi, yang masih sebagai presiden, pengamanan akan dilakukan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Di lokasi kita bagi 4 ring, pertama untuk ruangan debat. Contohnya nanti yang datang Presiden itu yang amankan Paspampres. Di luar gedung, artinya di luar ruangan itu ring 2, pihak kepolisian dengan TNI berjaga di sana," kata Argo.

"Ring 3 di luar gedung, ada tempat parkir basement. Ring 4 di luar lokasi acara debat ada Lantas (Polisi Lalu Lintas), ada Sabhara yang ada di ring 4," sambungnya.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Debat Capres, Polisi Sekat Pendukung Jokowi-Prabowo Hindari Bentrok"

Apa Reaksi Kamu?