Demi Hasilkan Susu Berkualitas, Peternak di Rusia Pasang VR Pada Sapi
Sumber: Story Pick

Demi Hasilkan Susu Berkualitas, Peternak di Rusia Pasang VR Pada Sapi

Jumat, 29 Nov 2019 | 14:48 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Sebuah riset yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian menujukkan bahwa sapi-sapi yang hidup bahagia dan tinggal di lingkungan yang tenang dapat menghasilkan susu dengan kualitas dan kuantitas yang baik, dibandingkan dengan sapi yang sedih. Hal itu juga berlaku bagi sapi-sapi yang tidak bersemangat karena musim dingin.

image0

Karena alasan tersebutlah maka para peternak di Rusia membuat sapi-sapi mereka menggunakan kacamata virtual reality (VR). Penggunaan kacamata VR ini dimaksudkan agar sapi di peternakan itu merasa kalau sedang berada di musim panas, merasa lebih bahagia, dan dapat menghasilkan susu berkualitas.

Dilansir dari Storypick, para ahli menyadari hal ini bermanfaat untuk “meredakan kecemasan” dan “meningkatkan suasana hati” ketika mereka melakukan eskperimen. Saat itu, eksperimen dilakukan di peternakan Krasnogorsk, Moscow, Rusia.

image1

Kacamata itu didesain sesuai dengan kepala seekor sapi. Setelah melihat hasil positif, menteri pertanian saat ini bermaksud untuk mengenalkan praktik ini untuk seluruh peternakan sapi yang ada di sana.

Sebelumnya, peralatan lain yang digunakan untuk menenangkan sapi-sapi. Misalnya, di Amerika Serikat, mereka menggunakan kuas otomatis yang dikaitkan ke kandang ternak untuk memijat sapi-sapi. Selain itu, ada juga yang menggunakan musik klasik untuk membuat sapi rileks.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...