Demi Kelanjutan Rio Haryanto di Formula One, Menpora Kirim Surat kepada Manor Racing

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Demi Kelanjutan Rio Haryanto di Formula One, Menpora Kirim Surat kepada Manor Racing

WinNetNews.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi akan berkirim surat kepada Manor Racing demi keberlanjutan pebalap Formula Satu Indonesia Rio Haryanto dalam perlombaan musim 2016.

"Direktur Tim Manor Racing Dave Ryan, pada Februari, pernah memastikan Rio akan mengikuti Formula Satu hingga akhir musim 2016," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Gatot berharap Tim Manor Racing masih memberi peluang kepada Rio untuk menuntaskan perlombaan musim 2016 menyusul wacana program karir Rio yang diusulkan Direktur PT Manor Grand Prix Racing Abdulla Boulsein.

"Pada 18 Juli, Manor meminta kepastian dukungan dan komitmen sponsor untuk Rio melalui surat yang ditujukan kepada Menpora. Manor, dalam surat itu, telah memberikan kesempatan hingga perlombaan di Budapest," ujar Gatot yang juga sebagai Kepala Komunikasi Publik Kemenpora itu.

Manor, dalam surat kepada Menpora, mungkin akan mengganti Rio dengan pembalap lain kecuali ada komitmen keuangan dari Pemerintah Indonesia.

"Namun, Kami mendapatkan informasi terakhir Rio masih berkesempatan mengikuti perlombaan di Hockenhiem, Jerman, pada 1 Agustus. Kami juga telah berkoordinasi dengan PT Pertamina terkait keberlangsungan Rio di Formula Satu," katanya.

Rio masih membutuhkan tambahan dana sebesar tujuh juta euro agar dapat bertahan sebagai pebalap Tim Manor Racing asal Inggris hingga Formula Satu musim 2016 selesai.

Setelah Jerman, perlombaan Formula Satu musim 2016 masih menyisakan sembilan perlombaan yaitu Grand Prix Belgia pada 28 Agustus, Grand Prix Italia pada 4 September, Grand Prix Singapura pada 18 September, Grand Prix Malaysia pada 2 Oktober.

Kemudian, Grand Prix Jepang pada 9 Oktober, Grand Prix Amerika Serikat pada 23 Oktober, Grand Prix Meksiko pada 30 Oktober, Grand Prix Brazil pada 13 November, dan Grand Prix Uni Emirat Arab pada 27 November.

Sebelumnya, Kemenpora telah menggalang dana untuk Rio lewat program SMS Donasi. Program yang bekerjasama dengan lima operator telekomunikasi itu telah menghasilkan donasi sebesar Rp300 juta.

Rio juga telah mendapatkan komitmen tambahan dana sebesar Rp5 miliar setelah Kemenpora berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata atas saran Komisi X DPR RI.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});