Demi untuk Amankan Suplai Obat COVID-19, Korea Utara Gunakan Militer

Rusmanto

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Demi untuk Amankan Suplai Obat COVID-19, Korea Utara Gunakan Militer
detikcom

Winnetnews.com -  Korea Utara (Korut) belakangan ini jadi sorotan karena untuk pertama kalinya melaporkan lonjakan kasus COVID-19. Pemimpin Korut Kim Jong Un kini tengah berusaha mengamankan suplai obat COVID-19 dengan mengerahkan militer.

Dalam pertemuan darurat, Kim juga sempat memberi kritikan untuk kabinetnya yang dianggap tidak becus mengurus sektor kesehatan publik.

Sebagian besar kasus kematian karena COVID-19 di Korea Utara disebut karena warga tidak mendapat obat yang diproduksi negara dengan cepat dan akurat lewat apotek. Kim memerintahkan agar militer mengamankan suplai di kota Pyongyang.

"Kematian terjadi karena kecerobohan dalam meminum obat akibat minimnya pengetahuan dan pemahaman terkait varian Omicron serta cara mengobati yang benar," lapor media pemerintah Korut, KCNA, seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/5/2022).

Korut tidak melaporkan secara pasti berapa jumlah kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di wilayahnya. Hanya saja laporan terbaru menyebut ada 392.290 orang yang diisolasi dengan gejala demam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kim Jong Un Kerahkan Militer untuk Amankan Suplai Obat COVID-19"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...