Demo di Indonesia dan Hong Kong Sebelas Dua Belas
Mahasiswa dari berbagai kampus berkumpul menyampiakan aspirasi menolak pengesahan RKHUP, Selasa (24/9). [Foto: Reuters]

Demo di Indonesia dan Hong Kong Sebelas Dua Belas

Kamis, 26 Sep 2019 | 09:27 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Rangkaian demonstrasi sejak Senin hingga Rabu (23-25/9) membuat ruas jalan di sekitar Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta ditutup. Akibatnya, para pengendara bahkan pengguna Commuter Line terganggu aktivitasnya saat ingin kembali ke tempat tinggalnya.

Rentetan aksi unjuk rasa (unras) tersebut rupanya buntut dari Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKHUP) dan beberapa UU lain yang diamandemen para legislator Senayan. Mulai dari aksi mahasiswa yang berlangsung Senin dan Selasa, kemudian berlanjut tawuran pelajar Sekolah Teknik Menengah (STM) pada Rabu (25/9) hingga malam hari.

Baik mahasiswa maupun STM, keduanya memiliki sasaran lempar batu, botol minuman, segitiga pembatas jalan, dan lain-lain terhadap aparat keamanan yang tetap berupaya melindungi Gedung DPR/MPR. Namun, sasaran demonstran meluas hingga mengakibatkan perjalanan kereta Commuter Line di Stasiun Palmerah lumpuh total hingga malam hari.

image0
Foto: Reuters

Setidaknya, gambaran tersebut tak berbeda jauh dengan demonstrasi di Hong Kong yang hingga kini pun masih berlangsung. Ada beberapa kemiripan antara demonstrasi di Jakarta dan Hong Kong. Melansir Liputan6.com, berikut beberapa kemiripannya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...