Demo Semakin Ricuh, Kota Jayapura Lumpuh Total
Kerusuhan di Jayapura (sumber: Regional Kompas)

Demo Semakin Ricuh, Kota Jayapura Lumpuh Total

Jumat, 30 Agt 2019 | 11:06 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com -  Demonstrasi besar-besaran di Papua hingga saat ini masih berlangsung ricuh. Berdasarkan laporan dari Antara di Jayapura, mass bergerak anarkis dengan membakar gedung Majelis Rakyat Papua (MRP) pada (29/08).

Jayapura mengalami kelumpuhan total. Banyak toko dan kantor ditutup, begitu juga pusat perbelanjaan sentral sepert Mal Jayapura yang harus memulangkan seluruh karyawannya. Anak-anak sekolah juga harus dipulangkan terlebih dahulu. Beberapa bis dan angkutan kota juga terpaksa berhenti beroperasi.

Kericuhan demonstrasi ini akhirnya memaksa pihak kemanan untuk menyemprotkan gas air mata. Massa semakin anariks dengan merusak mobil dinas milik Dadim Jayapura.

Kejadian perusakan MRP dan beberapa fasilitas lain terjadi pada pukul setengah 12. Puncak kekesalan massa ini ditengarai oleh adanya pemutusan jaringan internet dan jaringan komunikasi lain. Massa kemudian membalas dengan menghancurkan tower BTS Telkomsel.

Ketua MRP, Timotius Murib, mengatakan bahwa sudah hampir satu pekan lima hari setelah pemerintah pusat memutus akses internet di Papua.

“Menghentikan jalur informasi itu membuat semua akses terganggu. Itu bukan masalah orang Papua saja. Itu keputusan pemerintah yang keliru. Otonomi khusus tidak berdaya. Ini yang menjadi amukan masyarakat Papua yang cukup lama. Masyarakat Papua tidak puas terhadap pemberian otonomi khusus," ujar Murib.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...