Demo Tak Kunjung Rampung, Surya Paloh: Lebih Baik Lewat Dialog Saja
Surya Paloh (foto: kinibisa.com)

Demo Tak Kunjung Rampung, Surya Paloh: Lebih Baik Lewat Dialog Saja

Senin, 30 Sep 2019 | 10:54 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Ketua DPP Partai NasDem Surya Paloh menyarakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan dialog secara damai daripada terus-terusan menggelar aksi demonstrasi. Protes mengenai UU KPK dan RKUHP menurutnya lebih baik diselesaikan dengan cara dialog.

“NasDem berupaya untuk membangun komunikasi dengan baik antara pemerintah dengan mahasiswa,” ungkap Surya, dilansir dari CNN Indonesia, Senin (30/09).

Surya juga mengatakan jika NasDem sangat menghormati putusan DPR terkait pengesahan revisi UU KPK menjadi UU yang dilaksanakan pada Rapat Paripurna DPR pada 17 September lalu. Ia juga mengaku bahwa NasDem memiliki peran dalam proses disahkannya UU KPK tersebut karena memang semua fraksi politik telah menyepakatinya.

“NasDem siap bertanggung jawab dan mengakui kesalahan jika memang pengesahan revisi UU KPK dianggap salah oleh banyak pihak,” kata Surya kemudian.

Namun Surya tidak menyarakankan kepada para mahasiswa untuk turun ke jalan. Lebih baik mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK). Jika prosedur hukum dilaksanakan dengan benar, maka demonstrasi tidak diperlukan kedepannya.

Surya khawatir jika aksi-aksi demonstrasi di jalan nantinya ditunggangi oleh pihak-pihak dengan kepentingan tertentu.

Munculnya gelombang demonstrasi memang belum surut hingga saat ini. Hampir dua minggu Indonesia berkobar oleh aksi unjuk rasa yang terjadi di berbagai daerah. Beberapa aparat kepolisian dan pihak keamanan pun diturunkan untuk meredam aksi-aksi keributan massal tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...