Demokrat Dorong Ambang Batas Capres Diturunkan: Agar Tidak Krisis Calon Pemimpin
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani

Demokrat Dorong Ambang Batas Capres Diturunkan: Agar Tidak Krisis Calon Pemimpin

Selasa, 12 Okt 2021 | 11:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan pihaknya menghargai sikap Partai Gerindra yang memutuskan kembali mengusung Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024. Menurutnya, setiap partai punya strategi sendiri dalam merespons dinamika politik.

"Bagi partai-partai yang memiliki figur potensial akan berupaya mendorong kader terbaiknya untuk tampil menjadi kontestan dengan harapan mendapatkan efek ekor jas (coattail effect) bagi partainya, apalagi pileg dan pilpres dilaksanakan serentak. Pemikiran ini dimiliki oleh semua partai, termasuk Partai Gerindra," kata Kamhar, Senin (11/10).

Namun, ia berharap Pilpres 2024 tidak hanya diikuti oleh dua pasang calon saja. Hal ini, lanjut Kamhar agar masyarakat tidak terbelah menjadi dua kubu.

Terkait itu, Kamhar mengatakan Demokrat mendorong ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold dapat diturunkan sehingga semkain banyak partai yang bisa mengusung capresnya sendiri.

"Harapan kami, pada 2024 nanti tak hanya menghadirkan dua pasangan calon sebagai kontestan. Di panggung politik, Indonesia tidak krisis calon pemimpin. Persoalan kita adalah mengalami krisis politik pada pemberian kesempatan tampilnya calon pemimpin sebagai kontestan," ucap Kamhar.

Kamhar menilai sebaiknya ambang batas pencalonan presiden disamaikan dengan ambang batas parliamentary threshold agar seluruh parpol yang ada di parlemen punya kesempatan yang sama untuk mengusung calonnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...