Dengan Kecepatan 295 km/jam, Badai Irma Terjang Kepulauan Karibia

Dengan Kecepatan 295 km/jam, Badai Irma Terjang Kepulauan Karibia ilustrasi

WinNetNews.com - Badai Irma telah melintasi beberapa wilayah di Pulau Prancis, Kepulauan Karibia. Akibatny sejumlah bangunan rusak dan banjir.

Dilansir dari BBC, Kamis (7/9/2017) kerusakan akibat Badai Irma terjadi di wilayah padat penduduk di Sainy Martin dan Saint Barthelemy. Badai Irma menjadi yang paling kuat dalam satu dekade terakhir melanda Antiqua dan Barbuda dengan kecepatan angin mencapai 295 km per jam (185 mph).

"Keempat bangunan di Saint Martin yang dimiliki oleh Prancis dan Belanda, hancur," kata Menteri Dalam Negeri Prancis Geraard Collomn, seperti dikutip BBC.

Baca juga: Badai Irma Sudah Masuk Kategori 5

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) memperkirakan badai dengan kategori badai 4 atau 5 akan melewati wilayah utara Pantai Republika Dominika dan tiba di wilayah bagian Kepulauan Virginia Utara, Amerika Serikat.

Salah seorang wisatawan dari London yang menginap di salah satu hotel terdekat di Saint Martin, mentweet kondisi hotelnya saat diterjang Badai Irma. 

"Ya Tuhan, suara ini, seperti berdiri di belakang mesin jet !! Paling tidak tangga beton tidak bergerak. Mungkin ini tweet terakhir saya dari kekuatan dan kebisingan ini adalah sebuah bencana. Ini seperti film yang tidak ingin saya lihat." tulisnya di twitter.

Badai Irma terpantau melintasi Atlantik sejak Selasa (5/9), diperkirakan akan melistasi kepulauan Leewad utara sebelah timur Puerto Rico dan tiba di Florida pada Sabtu (9/9) mendatang.

Ribuan orang telah dievakuasi dari daerah berisiko di seluruh Karibia. Warga juga telah mempersiapkan perbekalan seperti persediaan makanan dan air darurat. (detikcom)