Dengan Siapakah Partai Pengusung Agus-Sylvi Akan Berkoalisi?
ilustrasi

Dengan Siapakah Partai Pengusung Agus-Sylvi Akan Berkoalisi?

Kamis, 16 Feb 2017 | 07:11 | Rusmanto

WinNetNews.com - Menurut informasi,Partai Demokrat (PD) sudah mendapat tawaran koalisi dari kubu Anies Baswedan-Sandiaga Uno setelah pasangan yang diusungnya, Agus Harimurti-Sylviana Murni, tereliminasi dari kancah Pilgub DKI. Walau belum memutuskan, PD berharap agar tiga partai pengusung Agus-Sylvi lainnya tetap satu suara.

Ketua DPD PD DKI Nachrowi Ramli menyebut baru kubu Anies saja yang memberi tawaran koalisi, sementara kubu Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat belum memberi tawaran. Ia menyatakan PD masih ingin berembuk sekaligus juga berkonsolidasi dengan PKB, PAN, dan PPP yang merupakan pengusung Agus-Sylvi.

"Baru pasangan nomor tiga. Kita lihat lagi visi misinya kalau memang sejalan. Dua-duanya kita pelajari," ungkap Nachrowi di Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2017) malam.

"Sampai sekarang kita masih koalisi. Jadi 4 ini nanti akan kita ajak untuk membedah visi misi paslon no 2 dan 3. Kita ingin bersama-sama terus," ujarnya.

Lantas apakah PD bisa menjamin tiga partai itu akan ikut dengan pilihannya nanti?

"Cuma Tuhan yang tahu," jawab Nara.

Ketidakhadiran petinggi PAN, PKB, dan PPP ke posko pemenangan Agus-Sylvi usai pencoblosan sempat menjadi perhatian. Nara pun membantah adanya kabar partai-partai pengusung Agus-Sylvi tidak kompak.

Sebelumnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membuka pintu bagi partai pengusung Agus-Sylvi untuk berkoalisi ke pihak Ahok-Djarot. Apalagi basis pendukung Ahok-Djarot menurutnya merupakan basis pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Untuk itu PDIP membuka pintu lebar-lebar bagi PKB, PAN, dan PPP untuk bergabung dengan mereka di Pilgub DKI putaran kedua nanti. Sebab seperti diketahui, tiga partai tersebut merupakan pengusung pemerintahan Jokowi-JK.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...