Der Klassiker : Munich vs Borussia

Der Klassiker : Munich vs Borussia

image0

Munich - Bundesliga pekan ini akan menyajika Laga Klassiker yang mempertemukan Bayern Munich kontra Borussia Dortmund. Keduanya sama-sama jadi tim paling tajam sejauh ini dan akan saling beradu ketajaman.

Bayern yang akan menjamu Dortmund di Allianz Arena, Minggu (4/10/2015) malam WIB. Kedua tim yang belum pernah kalah di musim ini. Bayern tengah memuncaki klasemen berbekal nilai sempurna di tujuh laga pertama, sedang Dortmund menguntit dengan lima kemenangan dan dua kali imbang.

Ini merupakan pertemuan dua tim paling produktif dalam urusan gol. Sepanjang tujuh pekan, Bayern sudah membuat 23 gol sementara Dortmund 21 gol.

Bayern selama bertemu Dortmund yang mempunyai catatan apik, hanya kalah satu kali dari enam pertemuan terakhir melawan Dortmund. Dortmund juga mempunya motivasi ekstra untuk memperbaiki catatan itu, apalagi mereka adalah tim yang paling sering menaklukkan Bayern di kandang dalam laga Bundesliga.

Data dan fakta dari laga Klasik Bayern dan Dortmund:

- Borussia Dortmund cuma menang satu kali dari enam pertemuan terakhir di Bundesliga dengan Bayern Munich (2 imbang, 3 kalah). Satu-satunya kemenangan tersebut tercatat pada 12 April 2014 silam di Allianz Arena dengan skor 3-0.

- Di Bundesliga, Bayern menelan kekalahan kandang dari Dortmund lebih banyak daripada tim-tim lainnya yakni 9 kali

- Dengan 21 poin dan diferensiasi gol surplus 20, Bayern telah mencatatkan rekor terbaik Bundesliga setelah tujuh laga

- Bayern (23 gol) dan Dortmund (21 gol) punya lini serang terbaik di divisi. Keduanya adalah tim yang selalu mencetak gol di setiap pertandingan musim ini.

- Kalau Bayern menang dan Schalke kalah, maka Bayern sudah akan unggul tujuh poin dari peringkat dua. Situasi ini belum pernah terjadi setelah delapan pekan, sejak diperkenalkannya sistem perhitungan tiga poin per kemenangan pada 1995/1996. Jarak terbesar sebelumnya adalah lima poin pada 2012/2013.

- Thomas Tuchel tidak kalah di tujuh laga Bundesliga pertama sebagai pelatih Dortmund. Ini adalah kali ketiga Dortmund tidak terkalahkan di tujuh laga pertama dalam sebuah musim (sebelumnya pada 2002/2003 dan 2013/2014).

- Bayern belum pernah kalah satupun dari 17 laga terakhir Bundesliga selama Oktober (14 menang, 3 imbang).

- 10 gol yang dicetak Robert Lewandowski di tujuh laga pertama Bundesliga menyamai rekor Gerd Mueller pada 1968/1967 dan 1977/1978.

- Aubameyang adalah pemain pertama di sejarah yang mencetak gol di tiap-tiap laga selama tujuh pekan pertama

- Rafinha bisa mencatatkan penampilan ke-250 di Bundesliga dalam duel dengan Dortmund.