Deretan Grup K-Pop Yang Berhasil Bebas Dari 'Kutukan 7 Tahun', Siapa Saja?

Nisa Diniah

Dipublikasikan 8 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Deretan Grup K-Pop Yang Berhasil Bebas Dari 'Kutukan 7 Tahun', Siapa Saja?
Foto: Naver.com

Winnetnews.com -  Para fans musik K-Pop pasti tak asing dengan istilah 7-years Curse alias kutukan 7 tahun. Buat yang belum tahu, para idol K-Pop umumnya memiliki kontrak eksklusif dengan agensi mereka selama 7 tahun.

Kutukan 7 tahun sendiri adalah istilah untuk sebuah grup K-Pop yang tidak bertahan selama lebih dari 7 tahun. Mereka gagal dalam memperbarui atau memperpanjang kontrak dengan agensi, yang biasanya berakhir dengan bubarnya grup tersebut.

Sebuah postingan di situs Pann baru-baru ini membahas deretan grup K-Pop yang sukses melewati “kutukan 7 tahun”. Postingan tersebut bertuliskan, “Hanya segelintir grup yang berhasil mengatasi kutukan 7 tahun itu".

Postingan tersebut juga menyertakan beberapa grup K-Pop yang diketahui sukses melewati "Kutukan 7 Tahun". Grup-grup tersebut diantaranya:

  1. Shinhwa
  2. Brave Girls
  3. BIGBANG
  4. SHINee
  5. CNBlue
  6. BTOB
  7. BTS
  8. NUEST

image0

Postingan tersebut rupanya menuai banyak komentar dari netizen Korea. Beberapa netizen juga menyebut Apink yang layak masuk daftar tersebut. Disisi lain, seorang netizen tampak penasaran bagaimana kontrak eksklusif TWICE dan Red Velvet ketika sudah memasuki 7 tahun.

"Saat ini, aku pikir satu-satunya grup yang mempromosikan grup secara keseluruhan dengan member debut mereka adalah Shinhwa, BTS, NUEST dan SHINee," kata netizen dikutip Pann.

"Jujur saja SHINee, Highlight dan Apink .. grup-grup ini memiliki rute karir yang paling ideal," ujar netter lain.

"Apink juga semuanya memperpanjang pada perpanjangan kontrak pertama mereka," tutur netter lain.

"Namun menyebutkan grup yang belum resmi bubar tetapi belum melakukan promosi grup (album, konser) selama lebih dari tiga tahun itu agak sedikit…," ucap netter lain.

"Aku sangat ingin tahu tentang bagaimana TWICE dan Red Velvet nantinya," komentar netter lain.

"Sebelumnya itu 5 atau 7 tahun, tapi sekarang kita harus melihat ke 10 tahun. Bahkan lebih dari itu," pungkas yang lainnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...