(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Destinasi Wisata Baru di Prigen, Pasuruan

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Destinasi Wisata Baru di Prigen, Pasuruan

WinNetNews.com - Anda yang memilih pulang kampung atau sekadar menghabiskan libur panjang di Jawa Timur, cobalah untuk mampir ke Taman Safari Indonesia 2 yang berada Prigen, Pasuruan.

Taman Safari Indonesia 2 yang memiliki luas 350 hektar dapat Anda jangkau dengan menempuh perjalanan 50 kilometer dari Bandar Udara Internasional Juanda dan sekitar 45 kilometer dari Malang. Hanya membayar tiket sebesar Rp 85 ribu (reguler), Rp 120 ribu (terusan), dan Rp 135 (unlimited), para pengunjung dapat melihat dari dekat 25 ribu binatang yang berasal dari 200 spesies.

Pengunjung tidak usah takut rugi karena sudah mengeluarkan uang sebanyak itu. Pengunjung reguler, uang sebesar itu bisa juga digunakan untuk melihat beberapa jenis hewan seperti Buaya Muara, Cheetah, Harimau Benggala, dan Tarius di arena Baby Zoo dan menonton pertunjukan gajah, ikan lumba-lumba, harimau, dan melihat atraksi di panggung 'temple of teror'.

 

Sedangkan pengunjung yang membayar 120 ribu rupiah, bisa menikmati area rekreasi seperti main paintball dan gokart. Dengan 130 ribu rupiah, Anda bisa berenang dengan wahana yang seru-seru.

Masalah keamanan, Taman Safari Indonesia 2 menjamin bahwa semua pengunjung akan keluar dari tempat rekreasi ini dalam keadaan baik-baik saja. Asal mematuhi segala peraturan yang berlaku. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat berkunjung ke Taman Safari Indonesia 2, seperti yang diungkapkan Victor Bayu salah seorang tim edukasi dari Divisi Satwa, saat menemani Travel Liputan6.com pada Jumat (6/5/2016)

Pertama, pastikan bahwa kondisi kendaraan (bagi pembawa kendaraan) dalam kondisi fit karena jalanan menanjak. Kedua, karena letak Taman Safari Indonesia 2 berada di pegunungan, harus lebih prepare segala sesuatunya guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mendadak hujan.

"Segala peraturan sudah ada di brosur. Brosur bisa didapat saat pertama kali registrasi. Begitu dapat brosur, langsung dibaca. Taman Safari Indonesia 2 memang menjamin keamanan pengunjung, asal pengunjung juga menaati semua peraturan yang ada," kata Victor. Misal, jangan coba-coba membuka jendela begitu melintas di kawasan binatang buas harimau dan singa.

Taman Safari Indonesia 2 atau Taman Safari Prigen terbagi menjadi tiga zona utama. Zona satwa atau safari adventure, zona rekreasi, dan zona baby zoo. Di zona satwa dibagi lagi menjadi tiga kawasan. Kawasan Amerika Eropa, Kawasan Asia, dan Kawasan Afrika.

Satu hal yang tak pernah bosan Victor lakukan kepada para pengunjung, agar jangan membuang sampah sembarangan. Pihak Taman Safari sangat memerhatikan kondisi kesehatan para satwanya. Apabila ada pengunjung yang buang sampah sembarangan dan sampah itu dimakan oleh satwa, ditakutkan satwa menjadi sakit dan berujung dengan kematian. Terutama sampah plastik yang tidak bisa diurai di pencernaan. "Biar pun sampah bisa diurai di pencernaan, tetap saja tidak boleh dan tidak bagus untuk satwa," kata Victor.

 

Menurut Victor, di alam hewan-hewan itu tidak memakan sampah. Makanan untuk satwa pun sudah disediakan, barangkali ada pengunjung yang mau memberikan amakn satwa. Begitu juga dengan tempat sampah, dari pantauan kami, terdapat dua jenis tempat sampah yang terletak di setiap titik di kebun binatang ini. Ada tempat sampah organik dan non organik.

Sejauh ini belum ditemukan kasus kematian hewan di Taman Safari Indonesia 2 karena penumpukan sampah di tubuh mereka. "Kalau bisa jangan. Makanya, kami mengantisipasi dengan rutin melakukan kontrol kesehatan mereka," kata Victor. Anda yang memilih pulang kampung atau sekadar menghabiskan libur panjang di Jawa Timur, cobalah untuk mampir ke Taman Safari Indonesia 2 yang berada Prigen, Pasuruan.

Sumber: liputan6.com

Foto: youtube

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});