Devaluasi yuan Tiongkok guncang pasar valas

Cincin Suryanto
Rabu, 12 Agustus 2015 10:02 WIB
Oleh Cincin Suryanto pada Rabu, 12 Agustus 2015 10:02 WIB
Image Devaluasi yuan Tiongkok guncang pasar valas

Devaluasi mata uang Tiongkok yang tak terduga pada Selasa mengguncang pasar valuta asing, meningkatkan nilai tukar dolar AS dan memicu kekhawatiran penundaan kenaikan bunga acuan Federal Reserve.

Bank sentral Tiongkok (PBoC) mendevaluasi mata uang yuan hampir dua persen terhadap dolar AS dengan pihak berwenang menyatakan mereka berusaha untuk mendorong reformasi pasar.

Langkah dramatis itu mengejutkan pasar dan menyebabkan gelombang penjualan di bursa saham Amerika Serikat dan Eropa, serta di banyak bursa komoditas.

Keputusan PBoC untuk melonggarkan batas perdagangan dolar-yuan "akan memiliki implikasi jauh" menurut Christopher Vecchio, analis mata uang di DailyFX.

"Tampak tidak lebih daripada fakta bahwa PBoC merilis penjelasan keputusan kebijakan moneternya dalam bahasa Inggris: PBoC menyadari dunia sedang memantau ekonomi dan pasar keuangan Tiongkok, dan sedang melakukan semua yang bisa untuk mempertahankan kontrol atas situasi spiral."

Analis Forex.com Fawad Razaqzada mengatakan bahwa "pasar telah menafsirkan langkah itu sebagai tanda bahwa kesehatan ekonomi Tiongkok mungkin lebih buruk bahkan dari apa yang ditunjukkan data resmi."

Para analis bertanya-tanya tentang dampak devaluasi terhadap waktu Federal Reserve menaikkan suku bunga federal');">federal fund mendekati nol tahun ini, yang tergantung pada apakah ekonomi cukup kuat untuk menahan kenaikan suku bunga.

"Langkah mata uang Tiongkok meletakkan potensi kendala lain ke kenaikan suku bunga Fed dalam waktu dekat. Tidak semua orang di dewan setuju dengan gagasan Fed akan meningkatkan suku bunga pada pertemuan mendatang di pertengahan September, karena ekonomi terus mengedipkan sinyal bervariasi," kata Joe Manimbo, analis pasar senior di Western Union Business Solutions.

Berikut kurs valuta asing utama Selasa dibandingkan Senin pada Selasa pukul 21.00 GMT (04.00 WIB):

EUR/USD 1,1042 -- 1,1019

EUR/JPY 138,15 -- 137,31

EUR/CHF 1,0914 -- 1,0839

EUR/GBP 0,7090 -- 0,7068

USD/JPY 125,12 -- 124,22

USD/CHF 0,9885 -- 0,9837

GBP/USD 1,5574 -- 1,5590

(cn)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Obor Asian Games 2018 Tinggalkan Yogyakarta

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.