Dewan Keamanan PBB Puji Respon Cepat Polri Atasi Teror Bom Jakarta

Dewan Keamanan PBB Puji Respon Cepat Polri Atasi Teror Bom Jakarta

Jumat, 15 Jan 2016 | 15:12 | kontri
WinNetNews.com - Dewan Keamanan PBB mengecam keras serangan bom dan penembakan di Jakarta. Mereka menyerukan agar dalang utama di balik aksi terorisme ini dibawa ke pengadilan.

"Anggota Dewan Keamanan menyampaikan simpati mendalam dan juga belasungkawa kepada keluarga korban dan seluruh rakyat maupun pemerintah Indonesia," demikian pernyataan dari Dewan Keamanan PBB, seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (15/1/2016).

"Mereka mengharapkan para korban luka bisa segera pulih," demikian disampaikan.

Anggota Dewan Keamanan PBB juga menyampaikan apresiasi pada aparat penegak hukum Indonesia atas respon cepat terhadap serangan teror ini. "Anggota Dewan Keamanan memberikan penghargaan tinggi atas respons cepat dan keberanian aparat keamanan Indonesia dalam menangani serangan ini," sebutnya.

Lebih lanjut, Dewan Keamanan PBB menegaskan keprihatinan serius terhadap setiap ancaman yang mengganggu perdamaian dan keamanan internasional. Mereka menyerukan agar dalang dan pihak-pihak yang juga bertanggung jawab atas serangan teror semacam itu diadili dengan pantas.

"Menekankan perlunya membawa pelaku, dalang, penyandang dana dan sponsor dari aksi terorisme keji ini ke pengadilan," imbuh DK PBB dalam pernyataannya.

Beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, Australia dan sebagainya telah menyatakan kecaman terhadap teror bom di kawasan Thamrin, Jakarata Pusat. Militan radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah mengklaim bertanggung jawab atas teror bom ini.

Dalam pernyataannya, ISIS menyebut serangan ini ditargetkan pada warga asing dan juga orang-orang yang menentang ISIS. Sedikitnya dua warga sipil, yang terdiri atas satu warga Indonesia dan satu warga Kanada, tewas bersama lima pelaku dalam teror bom ini.

(dilansir dan diperbaiki dari detik)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...