Di China, Warga yang Ngutang Kartu Kredit Dilarang Naik Kereta dan Pesawat

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Di China, Warga yang Ngutang Kartu Kredit Dilarang Naik Kereta dan Pesawat Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com-  Mulai Mei 2018, pemerintah China membuat peraturan baru, bagi warga yang berpangkat rendah di Sistem Kredit Sosial negara dilarang menggunakan pesawat dan kereta api selama satu tahun, demikian pengumuman dari Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Tiongkok baru-baru ini.

Dikutip dari BBC, Sistem Kredit Sosial (Social Credit System/SCS) adalah  gagasan pemerintah China untuk meninggikan reputasi Negeri Tirai Bambu. Tujuannya adalah untuk menetapkan peringkat "kredit sosial" kepada setiap warga negara berdasarkan status ekonomi dan sosial mereka.

Pemerintah China tidak hanya menilai warganya berdasarkan tindak kriminal dan kesalahan finansial yang pernah dilakukan, tetapi juga berdasarkan pada apa yang mereka beli, katakan, dan perbuat. Mereka yang memiliki "nilai" rendah harus didenda dan dibatasi ruang geraknya

Sebelumnya, pemerintah China sudah membatasi perjalanan orang-orang yang punya utang banyak, seperti pendiri LeEco dan Faraday Future, Jia Yueting, yang masuk dalam daftar hitam Mahkamah Agung akhir tahun lalu.


 

Apa Reaksi Kamu?