(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Di Instagram Kini Bisa Upload Foto Landscape

Liani
Liani

Di Instagram Kini Bisa Upload Foto Landscape

Instagram akhirnya mengumumkan `renovasi` besar dengan menghadirkan format terbaru dimana penggunanya bisa mengunggah foto dengan dua ukuran yang berbeda, yakni dengan ukuran landscape dan portrait.

Mengutip informasi yang dimuat laman resmi Blog Instagram, semua pengguna Instagram kini sudah bisa mengunggah foto dan video dengan kedua ukuran format tersebut. Sebelumnya Instagram hanya menghadirkan ukuran foto dan video dengan format square 1x1.

"Format square memang menjadi bagian dari kami. Awal Instagram diluncurkan, format tersebut telah menjadi sesuatu yang `iconic` bagi kami," tulis pihak Instagram lewat pernyataan resminya.

"Di Instagram, semua pengguna memiliki kesempatan untuk memvisualisasikan foto dan videonya menjadi sebuah cerita. Oleh karena itu, kami ingin membuat pengalaman tersebut menjadi lebih simpel dan fun dengan menghadirkan kedua fitur ini," tambahnya.

Cara mengatur format ini pun sangat mudah. Ketika hendak mengunggah foto atau video, pengguna tinggal mengatur orientasi foto mereka apakah ingin menjadi landscape atau portrait hanya dengan menge-tap ikon `format` sebelum meng-edit lebih lanjut. Setelah di-edit, versi full-sized dari foto atau video tersebut akan hadir di feed Instagram.

image0

Perusahaan milik Facebook itu juga mengungkap bahwa kehadiran dua format teranyarnya ini merupakan sebuah langkah untuk merespon keinginan pengguna Instagram akan fleksibilitas sebuah foto atau video yang hendak diunggah.

"Kami tahu ini bukanlah hal yang mudah untuk menghadirkan konten format ini di Instagram. Namun, kami yakin kedua format ini akan direspon positif oleh banyak pengguna," lanjut pihak Instagram.

Pun begitu, perubahan ini dinilai sebagai `strategi` Instagram untuk bersaing lebih sengit dengan aplikasi lain yang menghadirkan konten mobile video berukuran portrait, sebut saja Snapchat.

Aplikasi pesan instan tersebut memang mengandalkan ukuran portrait karena membuat penggunanya lebih leluasa ketika mengambil foto atau video untuk dikirimkan secara langsung.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});