Di Kota Deir Ezzor Suriah, ISIS Bantai 300 Warga dan Culik 400 Orang

Di Kota Deir Ezzor Suriah, ISIS Bantai 300 Warga dan Culik 400 Orang

Senin, 18 Jan 2016 | 11:09 | Liani
WinNetNews.com - Kelompok ISIS terus menebar teror. Dalam penyerangan ke kota Deir Ezzor di Suriah, kelompok radikal itu dilaporkan membantai ratusan warga dan menculik ratusan lainnya.

Menurut kantor berita resmi Suriah, SANA, setidaknya 300 warga sipil, kebanyakan wanita, anak-anak dan orang-orang lanjut usia, tewas dalam serangan itu. SANA menyebut kematian-kematian tersebut sebagai "pembantaian".

Namun angka berbeda disampaikan kelompok pemantau HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (18/1/2016). Menurut Observatory, dalam serangan ke kota yang dikuasai pasukan rezim Suriah itu, para militan ISIS menewaskan setidaknya 135 orang pada Sabtu, 16 Januari waktu setempat.

Disebutkan Observatory, korban jiwa termasuk 85 warga sipil dan 50 pejuang pemerintah. Dalam serangan ke kota Deir Ezzor, ISIS juga menculik lebih dari 400 warga sipil dari kota tersebut.

"Mereka yang diculik, semuanya warga Sunni, termasuk wanita, anak-anak dan anggota keluarga pejuang pro-pemerintah," tutur kepala Observatory, Rami Abdul Rahman.

Dikatakan Rahman, mereka yang diculik dibawa ke wilayah-wilayah yang dikuasai ISIS di sebelah barat provinsi Deir Ezzor dan ke perbatasan dengan provinsi Raqqa -- basis utama ISIS di Suriah.

Menurut Observatory, setidaknya 42 militan ISIS tewas dalam serangan tersebut. Pertempuran antara ISIS dan pasukan pro-pemerintah Suriah yang dimulang sejak Sabtu (16/1) tersebut, terus berlangsung hingga Minggu (17/1) waktu setempat. Dalam insiden itu, pasukan pemerintah Suriah dibantu oleh serangan-serangan udara Rusia.

Dengan penyerangan ini, ISIS kini menguasai sekitar 60 persen kota Deir Ezzor, yang berada di wilayah kaya minyak yang berbatasan dengan Irak.

Dilansir dari laman detik

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...