Di Tasikmalaya Hanya Ada Calon Tunggal

Di Tasikmalaya Hanya Ada Calon Tunggal

WinNetNews.com - Hampir separuh pemilih di Kabupaten Tasikmalaya golput. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Tasikmalaya, Deden Nurul Hidayat, hanya 58,81 persen masyarakat yang memutuskan menggunakan hak pilihnya.

Seperti dilansir Tempo, berdasarkan hasil penghitungan cepat, hasil perolehan suara Setuju pada Pilkada calon tunggal Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 488.845 suara atau 67,42 persen. Sedangkan suara Tidak Setuju sebanyak 236.240 suara atau 32,58 persen.

Perolehan suara tidak sah sebanyak 65.111 suara. Jumlah ini merupakan hasil hitung cepat atau real count yang digelar KPUD Kabupaten Tasikmalaya. "Ini belum bersifat final dan tidak jadi dasar pengambilan keputusan. Ini hasil sementara," kata Deden saat ditemui di kantornya, Rabu petang, 9 Desember 2015.

Untuk hasil akhir perolehan suara, Deden mengatakan, akan diputuskan setelah rapat pleno pada tanggal 17 Desember nanti. "Itu putusan yang final dan mengikat, berdasarkan data-data tiap kecamatan," katanya.

Disinggung ihwal rendahnya partisipasi pemilih, Deden mengatakan, tingkat partisipasi bisa mendekati angka 60 persen. Karena rekapitulasi satu kecamatan belum masuk seluruhnya, yakni Kecamatan Ciawi.

 

Menurut Deden, banyak faktor rendahnya tingkat partisipasi pada pilkada ini. Di antaranya, saat dikroscek ke TPS, ada pemilih yang tidak hadir karena sedang merantau. Faktor lain, tidak hadir karena sakit dan halangan lain. "Kita sudah berupaya dan ikhtiar," jelasnya.

Meskipun partisipasi hanya 58,81 persen, Deden mengapresiasi kepada masyarakat yang telah melaksanakan proses demokrasi dengan kondusif, dan lancar. "Ini menandakan kedewasaan masyarakat dala demokrasi," ujarnya.

Calon bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum mengucapkan syukur atas perolehan suara sementara itu. "Syukur Alhamdulillah kepada Allah apa yang diperjuangkan sejak 5 tahun lalu, bahwa ingin (jadi bupati)kedua kali berhasil lewat real count," kata Uu saat ditemui di kediamannya, di kompleks Pondok Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya, Rabu 9 Desember 2015.

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung dan partai pengusung atas keberhasilannya meraih suara pada real count tersebut. "Terima kasih," katanya.