Di Timur Lombok, Gili Kondo. Ada Surga Tersembunyi

Di Timur Lombok, Gili Kondo. Ada Surga Tersembunyi

Sabtu, 16 Jan 2016 | 17:30 | Liani
WinNetNews.com - Terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil atau gili di timur Pulau Lombok. Gili ini berdampingan dengan Gili Bidara, dan dekat dengan Gili Lampu dan Gili Kapal.

Butiran pasir bak merica itu terasa hangat. Menenggelamkan sejenak telapak kaki di hamparan pasir berwarna putih gading itu terasa seperti sedang terapi. Telapak kaki terasa rileks seolah dipijat di dalam timbunan pasir.

Tak hanya itu saja, pantai yang landai dengan air yang bening di bawah langit biru terang, membuat segala kepenatan hilang disapu angin laut.

Gili Kondo memang bukan hanya sekedar tempat berwisata, tapi juga menjadi lokasi yang pas untuk memulihkan tubuh dan pikiran yang sudah lelah.

Pulau kecil ini tidak sulit dijangkau. Bisa diakses dari Mataram (Lombok Barat), Selong (Lombok Timur) atau dari Bandara Internasional Lombok di Praya, Lombok Tengah. Namun karena gili ini belum popular dan belum ada iklan yang khusus mempromosikannya, maka pelancong sebaiknya menanyakan lokasi Sambelia, baru menanyakan tentang Gili Kondo.

Jalanan menuju pulau surga yang tersembunyi ini terbilang mulus. Meski tidak terlalu lebar, namun aspalnya licin dan diapit pepohonan rindang di samping kiri kanan jalan.

Setelah melewati gang kecil itu sekitar 200 meter dan berbelok ke arah kiri, kita pun langsung bisa melihat hamparan pasir pantai.

Pantai ini bernama Padak Guar. Dari sinilah pengunjung naik perahu untuk menuju Gili Kondo dan gili-gili lain di sekitarnya.

Menyebrang di Padak Guar

image0

Pantai Padak Guar sangatlah indah. Lengkungan bibir pantai terlihat jelas. Ombak-ombak kecil menghempaskan air laut bening di atas hamparan pasir putih. Sejauh mata memandang, air laut biru jernih dipayungi langit yang tak kalah biru dengan gumpalan-gumpalan awan putih bersih, Meski sebagai penghubung.

Nun jauh di penghujung laut, terlihat gundukan-gundukan kecil. Itulah Gili Kondo, berdampingan dengan Gili Bidara, Gili Lampu, dan beberapa gili lainnya. Tiket penyebrangan ke Gili Kondo tersedia di koperasi nelayan. Tidak hanya menjual tiket perahu ke Gili Kondo, tapi koperasi nelayan juga menyediakan paket wisata keliling beberapa gili yakni Gili Kondo, Gili Bidara, Gili Lampu, dan Gili Kapal. Harga tiketnya tentu berbeda.

Untuk Tujuan Gili Kondo saja, diantar dan kemudian dijemput sore harinya, tiket per penumpang Rp 25.000. Jarak penyebrangan dari Padak Guar ke Gili Kondo menggunakan perahu nelayan sekitar 10 sampai 15 menit.

Fenomena Gili Kapal

Gili Pasir atau Gili Kapal ini terletak di tengah lautan dan hanya terlihat saat air laut surut. Saat air surut, akan muncul gundukan pasir putih menyerupai kapal kecil sehingga disebut Gili Kapal. Saat sore menjelang, ketika air mulai pasang, perlahan-lahan air laut menyapu pulau kecil ini dan menenggelamkannya, lalu hilanglah gili ini.

Ketika air laut surut, dari Gili Kondo kita juga bisa menyeberang ke Gili Bidara dengan hanya berjalan kaki. Letaknya hanya sekitar 500 meter dari Pantai Timur Gili Kondo. Ini juga menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan, menyebrangi lautan menuju daratan lainya dengan hanya berjalan kaki.

Pasir Merica

Di pasir merica inilah kita bisa menenggelamkan kaki ke dalamnya dan menikmati butir-butir pasir yang seolah memijit kaki. Tak jauh dari pasir merica ini terdapat gundukan karang yang sudah mati. Aneka karang bertumpuk di tempat itu. Jika ingin mencari karang-karang unik, jangan lupa memakai alas kaki.

Puas menjelajahi Gili Kondo, kita bisa menyebrang ke Gili Bidara. Berbeda dengan Gili Kondo yang tidak berpenghuni, di Gili Bidara, meski ukurannya lebih kecil dari Gili Kondo, namun di sini ada perkampungan penduduk.

Dari Gili Kondo dan Bidara, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Gili Lampu. Inilah pulau yang menyajikan pemandangan hutan bakau menakjubkan. Berperahu menyusuri hutan bakau di tempat ini seolah berada di Sungai Amazon.

Gili Lampu juga merupakan surga bagi para pecinta snorkeling. Selain terumbu karang yang indah, di pulau iini juga banyak berkeliaran ikan-ikan cantik seperti kawanan angle fish dan ikan badut. Sambil menjelajah tiga gili, kita bisa menyaksikan keperkasaan Gunung Rinjani.

image1

Dengan alam yang menakjubkan di Pulau Lombok. Bisa menikmati dua pemandangan sekaligus dalam satu tempat, dan di hangati oleh penduduknya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...