Diabetes Menular Secara Genetik, Waspadai Anggota Keluargamu!
Ilustrasi: Medical News Today

Diabetes Menular Secara Genetik, Waspadai Anggota Keluargamu!

Minggu, 1 Des 2019 | 11:50 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak diidap oleh masyarakat di Indonesia. Gaya hidup tidak sehat menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit yang satu ini. Namun tidak melulu soal gaya hidup, sebagian besar kasus diabetes yang terjadi merupakan faktor genetik. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa diabetes bisa ditularkan melalui genetik keluarga.

Pakar diabetes Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, SP.PD-KEMD, mengatakan bahwa keluarga mempunyai peran yang sangat krusial dalam penyebaran gen diabetes, khusunya kepada para remaja. Diabetes yang tidak terkontrol bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit.

“Keluarga berperan penting dalma deteksi, cegah diabetes tipe 2, dan tangani anggota keluarga dengan diabetes. Dalam deteksi, peran keluarga adalah mengetahui gejala dan ciri diabetes untuk mempercepat penanganan dan mencegah komplikasi. Terutama pada diabetes tipe 1 yang tidak dideteksi dini dan dapat menyebabkan disbilitas dan menjurus kepada kasus kematian,” kata Prof. Sidartawan, dikutip dari Detik Health.

Meski tidak selalu demikian, diabetes karena faktor genetik cukup banyak ditemukan. Faktor resiko diabetes tipe 2 ini dipengaruhi oleh kombinasi berbagai faktor resiko yang meliputi faktor gentik dan faktor lingkungan.

Prof. Sidartawan menyarankan pentingnya sosialisasi peran keluarga untuk mencegah dan menekan angka penderita diabetes yang terus meningkat sepanjang tahun. “Dianjurkan untuk sama-sama menggerakan gaya hidup sehat dan edukasi mengenai pencegahan yang harus terus dijalankan,” paparnya.

Pencegahan ini bisa dilakukan melalui pola makan sehat. Prof. Sidartawan mengatakan jika pola makan sehat di keluarga bisa menekan munculnya penyakit diabetes dalam keluarga.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...